General

SIAPA BILANG GUA HAJI MANGKU MISTIS?

November 12, 2019

Sudah pernah mampir ke Gua Haji Mangku ketika main ke Pulau Derawan??? Gua yang menurut warga setempat mengandung mistis yang cukup kental karena konon katanya banyak orang yang berkunjung ke Gua Haji Mangku ini suka melihat hal yang aneh-aneh. Saya semakin penasaran seperti apasih wujud dari gua haji mangku tersebut yang mistis tapi sangat indah katanya.


Tujuan ke dua di hari kedua kunjungan saya saat di Pulau Derawan bersama @derawanfisheries dan teman teman #MeetAndTrip05 yaitu Gua Haji Mangku. Gua yang memang letaknya masih di dalam Pulau Maratua tapi kita harus menggunakan speedboat dan tracking sebentar untuk sampai di mulut gua ini. Menurut yang saya baca di google ternyata ada dua cara untuk sampai di Gua Haji mangku. Memutar dengan speedboat atau lewat darat dengan berjalan kaki selama 7 jam. Rasanya kalau punya banyak waktu lebih tertarik untuk berjalan kaki mungkin akan banyak kesan dan pengalamannya hehhe ..


Gua Haji mangku terletak di Pulau Maratua tepatnya di kampung payung-payung. Oh iyah jika kalian ingin ke sini harus memperhatikan pasang surutnya air laut agar speedboat bisa berlabuh di dermaga dengan aman karena kalau lagi surut speedboat tidak akan bisa bersandar di dermaga.

Sampai di dermaga kita mulai tracking, tidak sampai 10 menit berjalan kaki sampailah kita di mulut gua. Hati-hati kontur jalannya berkarang, semak belukar dan naik turun. Kaki saya saja sampai terluka terkena karang, sebetulnya memang salah saya karena berjalan sambil memotret alhasil tergilir gara-gara jalannya kurang fokus. Jadi harus exstra hati hati yah jangan sampai kaki kalian terluka terkena karang apalagi sampai berdarah seperti saya.

You Might Also Like