Taman Nasional Baluran, Litlle Afrika in Java

5:10:00 PM

Lagi-lagi Traveling By Train membawa saya pada sejuta kebahagiaan lainnya. Tidak cukup dengan rafting di sungai badeng, pendakian di gunung ijen sekarang kita di ajak melihat Afrika Van Java nya indonesia 
Welcome to Africa van Java
Mobil rombongan TBT 8 mulai memasuki kawasan Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran atau yang sering disebut Little Africa in Java, Nah Kawasan Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur. Di Taman Nasional Baluran ini terdapat beberapa destinasi alam yang bisa kita kunjungi. Dari luasnya padang Savana Bekol, sampai lebatnya hutan hijau Evergreen Forest, hingga keindahan bawah laut di Bama, juga ada beberapa destinasi lain seperti Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, Pandean atau Candi Bang yang bisa kita kunjungi. 
Sedangkan Luas Taman Nasional Baluran ini mencapai 25.000 Ha, dan Dari luas tersebut Taman Nasional Baluran dibagi menjadi beberapa zona yaitu zona inti seluas 12.000 Ha, zona rimba seluas 5.537 ha (perairan = 1.063 Ha dan daratan = 4.574 Ha), zona pemanfaatan intensif dengan luas 800 Ha, zona pemanfaatan khusus dengan luas 5.780 Ha, dan zona rehabilitasi seluas 783 Ha.
Di Taman Nasional ini terdapat 26 jenis mamalia, di antaranya adalah:
Banteng, Kerbau liar, Ajag, Kijang, Rusa, Macan tutul, Kucing bakau dan masih banyak lagi. Sedangkan Satwa banteng merupakan maskot/ciri khas dari Taman Nasional Baluran. Kalau kalian datang ke Taman Nasional Baluran terdapat beberapa spot yang harus banget kita datangi.
Sabana Bekol
Yang pertama wajib banget kita datangi yaitu sabana bekol. Banyak yang bilang Sabana Bekol adalah “The Little Africa in Java.” Cukup beralasan, karena begitu kalian memasuki kawasan sabana ini, langsung tercium dan terasa sekali aroma Afrika, meski saya belum pernah menginjakkan kaki di Afrika. Sepanjang mata saya melihat terhampar Padang rumput yang luas dan sedang menguning dengan beberapa pohon tersebar di pinggir dan di dalamnya. Sabana Bekol berada 12 km dari pintu masuk Taman Nasional Baluran. Untuk sampai ke Sabana Bekol kita harus menyusuri jalan aspal yang telah berbatu dan membelah hutan evergreen. 
Pohon ini di namain pohon raisa loh 
Di Sabana Bekol ini ada satu pohon yang terkenal untuk hunting foto. Namanya sih lebih terkenal dengan nama pohon raisa, disebut pohon raisa ini karena pohon ini kerap di pakai untuk syuting video clip raisa. Waktu saya berkunjung ini saat sore hari dan banyak monyet-monyet yang berkeliaran, ada juga kerbau yang sedang main di lumpur. 
Dan julukan The little afrika in java bener bener terlihat karena semua rumputnya sedang coklat. Savana Bekol memiliki sejumlah penginapan dengan tarif yang beragam, toilet umum dan arena parkir motor dan mobil. Spot foto dengan fosil banteng dan pohon raisa ini wajib banget kalau kalian datang ke Baluran. 
Di baluran ini sangat di sarankan untuk tidak makan atau membawa makanan di area baluran, karena banyak monyet yang berkeliaran dan akan menyerbu siapa saja yang membawa makanan. Jadi hati hati yaa ...
Karena kesorean dateng ke balurannya jadi gak sempet deh mampir ke pantai bama.
Next time hrus banget dateng lagi ke sini dan keliling semua tempat yang ada di sekitar Baluran.
Info Location : 
Jl Raya Situbondo Banyuwangi KM 35
Banyuputih Situbondo Jawa Timur
www.balurannationalpark.web.id
Untuk menuju tempat ini (misalkan dari Jakarta)ada berbagai macam pilihan:
1. Menuju Banyuwangi dengan pesawat langsung dari Jakarta dan dilanjutkan dengan menyewa mobil/motor.
2. Menuju Surabaya dengan pesawat, lalu melanjutkan ke Banyuwangi dengan kereta selama 7 jam perjalanan. Kemudian, dapat dilanjutkan dengan menyewa mobil/motor.

You Might Also Like

0 komentar

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers