Cerita di balik MADE paper flowers backdrop

2:15:00 PM

Kali ini instagram lagi yang membuat hidup saya semakin berwarna dan berarti. Cerita ini di buat untuk memotivasi kalian semua yang membacanya. 

 
Keluar dari zona nyaman. Sedikit membutuhkan keberanian dalam hal resiko. Namun hasilnya sangat menggembirakan. Hidup memang penuh pilihan dan Pengalaman adalah guru. 
Ketika saya mencoba melangkahkan kaki keluar dari zona nyaman, disiutulah saya merasa mulai tumbuh. Bahkan tumbuh dengan sangat cepat. Karena ketidaknyamanan yang saya alami sendiri membuat saya mempertanyakan kemampuan saya dan hal-hal lain yang berada di sekeliling saya. Semakin saya memikirkan masalah yang terjadi, saya belajar banyak hal yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya. 

Made.paper bergerak di bidang dekorasi bunga kertas yang saya buat sendiri tanpa modal dan hanya sedikit usaha banyak berdoa, motivasi dari orang sekitar dan juga keyakinan. Saya tidak pernah menyangka kalau peminat bunga kertas ini sangat banyak. 

Tugas akhir selesai, wisuda dan pengangguran membuat saya semakin kreatif bermain dengan kertas. Awalnya setelah mengundurkan diri dr kantor, saya ingin fokus di dunia traveling dan blog, tapi allah punya rencana lain. Dia memang paling atau yang terbaik. 

Usaha bunga kertas ini awalnya hanya saya yang buat sendiri bunganya dan pemasarannya via @instagram dan line id, orderan pertama datang dan dikirim ke tegal. Orderan pertama yang nominalnya tidak sampai 200.000 itu saya jadikan modal awal dan memulai usaha ini. Satu minggu berjalan peminatnya semakin banyak dan orderan pun satu persatu berdatangan hingga saya tidak sanggup lagi membuatnya sendiri. Akhirnya saya meminta bantuan kepada 2 sepupu saya yang sedang libur sekolah dan satu teman kuliah saya yang diapun sedang libur mengajar, orderan semakin banyak saya meminta bantuan kepada ibu ibu tetangga sebelah rumah. Ya kami berlima sekarang. Memulai semua nya dengan bismillah dan tanpa keahlian apalun untuk pemasangan backdrop paper flowers. Orderan pertama dengan harga sangat murah di wilayah cipayung jakarta timur. Mepet dan ternyata uang sewa hanya cukup untuk ongkos ke sana. Akhirnya saya memperbaiki harga dan sistem.

Usaha ini saya mulai tanpa modal awal, dan alhamdulillah atas izin allah sekarang karyawan @made.paper berjumlah 10 orang untuk bagian produksi, atau pembuatan bunga kertas. Jangan berfikir semua berjalan lancar. Banyak hal yang saya jadikan pelajaran, semua pengalaman dan hal terjadi merupakan guru. Hal hal yang tidak diinginkan pun mulai bermunculan ketika usaha ini mulai besar. Di marahin customer, harus mengganti rugi, dan kehilangan barang-barang atau aset pun pernah saya alami. Bahkan di hianati dengan orang kepercayaan yg awalnya saya berniat ingin membantu pun sudah saya alami. 

Digunjing, dihina, direndahkan oleh sekelompok orang yang entah apa motivasi mereka. Tapi dari situ saya buktikan pada mereka bahwa orang bodoh ini yang tidak pandai berbahasa inggris dan indonesia pun masih berantakan bisa mencapai titik saat ini yang jauh dari mereka. Satu hal terimakasih untuk hinaan semua itu menjadi pemacu saya untuk melangkah lebih sukses lagi. Karena pepatah mengatakan semakin tinggi pohon semakin kencang pula angin yang berhembus. Satu hal yang saya dapatkan bahwa bermanfaat untuk orang lain itu sangat indah. Semua saya jadikan pelajaran. Intinya tidak ada kesuksesan yang datang tiba tiba bagai jekpot. Dengan usaha doa insya allah hasilnya tidak akan mengecewakan. 

Untuk ibu ibu yang bekerja membuat bunga kertas setiap minggu masing masing di beri gaji Rp 300.000/ orang untuk satu minggu. Jam kerjanya pun sesuka hati mereka. Ketika urusan rumah beres mereka mulai mengerjakan bunganya. 
 
Omset kotor @made.paper pun sekarang mencapai lebih 20 juta setiap bulannya. Sedangkan untuk keuntungannya saya pun memanfaatkannya untuk membeli aset yang di jadikan modal untuk penyewaan. Sekarang @made.paper memiliki 9 set dekorasi yang siap di sewakan setiap saat. Alhamdulillah semua keuntungan full saya gunakan untuk modal dan membeli semua aset sampai saat ini pun saya masih dalam tahap pengumpulan aset. Dalam membeli aset pun saya beberapa kali tertipu dengan harga yang lumayan. Sampai akhirnya pengalaman lah yang memberikan saya ilmu. 
 
Senangnya bisa bermanfaat untuk orang lain, dan terlibat langsung dalam kebahagiaan para customer di hari bahagia mereka. Setidaknya sekarang saya sudah buktikan sama kalian *yang suka nyiyir tapi gak bisa apa apa!! Yg sukanya ngehina dan fitnah ini buktinya!! Saya bisa ada di atas kalian. Insya allah lebih berati hidup saya dari pada kalian yang punya ilmu tapi gak di gunain. Yang punya otak tapi gak di pakai. Cukup diam dan buktikan kalau orang hebat gak akan takut sama nyinyiran, hinaan dan fitnah! Tidak perlu melakukan pembelaan atau pembenaran. Diam dan buktikan!! 

Terimakasih untuk keluarga yang selalu mendukung dan membantu @made.paper juga seseorang yang selalu support saya dan @made.paper dari jauh (kalimantan). Semoga semua angan angan dan planing kedepan untuk @made.paper bisa berjalan sesuai rencana awal. Sekarang followers instagram @made.paper sudah menembus angka 5.000 dan mamber di line id made.paper sudah menembus angka 2.000 itu tandanya banyak sekali peminat dan dalam jangka 4 bulan @made.paper sudah terlihat pesat sekali perkembangannya. Semoga akan terus seperti ini. 

Karena Usaha tidak pernah menhianati hasil. Biarkan saja orang lain menilai dan mengomentari lanjutkan usaha dan berdoa insya allah mereka akan diam ketika kita bisa membuktikan bahwa orang bodoh yang tidak pandai berbahasa ini bisa jauh melangkah di didepannya. Jangan pernah sombong dengan yang kita atau orang tua miliki. Tetap rendah hati 😉😉

Kamu tau untuk jadi sesuatu itu tidak mudah? Kalau kamu tidak pernah gagal berarti kamu belum bisa jadi sesuatu. 

 

 

 
 

 

Beberapa contoh dekorasi dari made.paper dan selebihnya bisa kalian lihat di instagram Made.paper .. 

You Might Also Like

6 komentar

  1. Ha-ha-ha kece PO.. terkadang tangan kita gak sanggup buat nutup mulut2 mereka yg kebanyakan nyinyir mending nutup kuping trus bodo amat sama mulut2 mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sekarang udah kebukti kemeraka karena diam itu lebih baik ya mil

      Delete
  2. Semakin lancar jaya untuk usahanya ya Indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin amin ya robbal alamin ,, makasih banyak eni

      Delete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers