Ijen bertabur cinta bersama Teman-Teman TBT (Traveling By Train)

12:59:00 AM

Lagi jadi model nya yudha
Kalo boleh di bilang, saya adalah salah satu manusia paling beruntung. Ah bukan hanya beruntung melainkan sangat dan teramat beruntung ketika tau kalau saya masuk kedalam lima puluh orang yang terpilih untuk mengikuti acara Traveling By Train yang di selenggarakan oleh PT KAI dan Altour Travel Indonesia

Selain dapat akomodasi jalan-jalan gratis *ya ampun penuh gratisan sepertinya hidup saya* bisa berkesempatan pula bertemu dengan idola-idola di instagram alias Selebgram yang followers akun instagramnya udah puluhan ribu. Saya mah apa atuh cuma eres eresan rengginang gak sampe puluhan. Duh awalnya gak tau sama sekali kalo acara ini bakal serunya minta ampun. Pokoknya gak akan nyesel pernah ikut di acara Traveling By Train yang ke 8 ini.

Setelah rafting di Sungai Badeng yang semakin menambah keakraban dan ke seruan kita, juga ditambah acara makan malam yang super wah. Bahkan malam itu tanpa tidur kami tetap semangat untuk mendaki ke Gunung Ijen, saya ini bukan pendaki gunung yang handal atau sering mendaki gunung cuma pendaki ikut ikutan. Tapi untungnya saya gak bikin malu alias nangis di jalur gara-gara kecapean *derama*. Pendakian Gunung Ijen di lakukan malam hari, karena bluefire hanya bisa terlihat di tengah malam. Bagi yang ingin melihat Blue Fire, tapi kalau tidak ingin melihat bisa saja naik saat matahari mulai terbit. 

Pukul 00.30 di Pos Paltuding, saya memulai pendakian ke kawah Gunung Ijen bersama kurang lebih lima puluh teman-teman baru saya lainnya. Bayangkan kita  cuma tidur di mobil saat perjalanan dari hotel menuju ke pos pendakian. Sepanjang perjalanan tracking yang tidak berhenti dengan guyonan si rara ke si yudha yang bikin ngakak. Alhasil lupa kalo ternyata ngantuk dan capek tapi tetep yah ngos-ngosan. Tracking hampir tiga jam lebih itu pun tidak terasa. Hahha songong banget padahal mah banyak istirahatnya. Sampai di atas kita semua boleh memilih yang mau ikut ke kawah atau tetap stay dan bebas mau ngapain. Saya lebih memilih untuk tidak ikut sampai ke kawah. 
Persiapan pendakian di base camp
Istirahat biar gak ngos-ngosan
Gunung Ijen ini adalah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. 
Gunung ini memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya juga Blue Fire. Untuk mendaki ke gunung ini bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.
Morning from ijen carter
Kawah ijen terkenal karena blue fire atau api biru. Blue fire sendiri memang menjadi tujuan kami mendaki. Api berwarna biru atau blue fire itu adalah api yang tercipta dari semburat belerang cair dari dalam kawah Ijen. Panasnya kawah yang berpadu dengan belerang menciptakan efek api berwarna biru di permukaan. Fenomena ini hanya bisa disaksikan sebelum matahari terbit. Oleh karena itu, kita harus melakukan pendakian, setidaknya mulai pukul 01.00 dari pos Paltuding. Selain di Kawah Ijen, kita hanya dapat melihat fenomena seperti ini di belahan dunia lain yaitu di Islandia. Ya, hanya ada dua tempat ini yang menawarkan indahnya fenomena ‘blue fire’ jadi berbanggalah kita sebagai orang Indonesia.

Kawah Ijen sendiri mampu memproduksi sekitar 36 JUTA METER KUBIK BELERANG dan hidrogen klorida dengan luas sekitar 5466 hektar. Hebat kan!!
Para penambang belerang
morning view dengan dinginnya udara
Saya yang lemah tak berdaya ini di tambah ngantuk memutuskan untuk tidak ikut ke kawah, saya ditemani yudha dan adhot memutuskan untuk tidur saja di jalur sambil menunggu yang dari kawah kembali naik. Kalian tau dingiiiiiiiiin sampai ke tulang sama rasa ngatuk yang luar biasa tetep ajah ngantuk yang menang. Dingin kaya apa juga tetep bisa tidur, meski beralas batu-batu dan tanah yang penting tidur. Hahha

Hampir sebagian tubuh saya membeku karena tidur. Dingiiiiin nya bikin ngilu dan akhirnya kita bertiga bangun. Bangun tidur langsung narsis karena kita gak mau melewatkan setiap moment yang sangat langka ini. Wajar kita adalah wajah-wajah yang tidak bisa tahan melihat kamera meski badan ini hampir beku kedinginan kita tetap saja berfoto. 
Mission Complete
Hello laki laki tangguh ajakin aku naik gunung lagi yaa
Salut sama bapak-bapak penambang belerang disini. Luar biasa dari kawah mereka memikul belerang yang beratnya mencapai 80 kg dipundaknya dan dihargai 150-200 ribu. Betapa berat perjuangan mereka demi keluarga. Selain pemandangan yang indah saya juga mendapatkan pelajaran soal perjuangan seorang ayah untuk menafkahi keluarga. Bahkan saya tidak sanggup untuk membayangkan berapa berat pikulan belerang juga asap belerang yang menyengat jika tergirup oleh mereka.

Ternyata di luar sana banyak sekali hal-hal yang harusnya membuat kita semakin bersyukur juga hal menyenangkan jika kita bersedia membuka diri untuk menambah teman. Apalagi bertemu dengan kalian para unch unch yang selalu ngelove postingan aku di instagram, Senangnya bertemu dengan teman teman baru yang unch!! 

Kita harus segera kembali ke basecamp dan lanjut kehotel untuk siap-siap menuju Baluran. 
Cerita dan kita tidak berakhir disini semoga kita bisa segera di pertemukan di kesempatan kesempatan yang lain. 

You Might Also Like

13 komentar

  1. Ijen selalu cakep yaaa ...Salut buat bapak2 penambang nya yang angkutin belerang itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah cakep banget ijen itu,, terus bapak bapak yang nambang belerang itu ya ampun pengen peluk rasanya.. salut bangeeet

      Delete
  2. Replies
    1. Aku kemarin 3,5 jam en .. kebanyakan istirahatnya sih .. hehhe turunnya lebih cepet .. harusnya sih 2-3 jam normalnya

      Delete
  3. aku udah kangen ijen lagi. pas ke sini pas libur panjang. sesak ramai puol. Aku malah motoran dari Bali - Banyuwangi je.
    Oh, kamu ikutan acara ini ya. aku g daftar e. tapi followerku jg masih recehan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah emmg kapan mase ke ijen? Aku ajah juga udh kangen ijen lagin,, huft

      Follower aku juga masih recehan ..

      Delete
    2. pas libur lebaran kemarin. H+4 apa yaa. lupa aku. tapi bener2 sesak. sampai aku aja g dapat penginapan.
      bagi follower dongs

      Delete
  4. aduuh ini perjalanan yang bikin baper semua orang yang mengikutinya hahahaa

    ReplyDelete
  5. Belum kesampaian ke Ijen, iri lah liat foto mu..tapi serius mau off dulu jalan2 kecuali liputan ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoooo segera ke ijen -- hehhe aku juga sama mau stop jalan jalan nya

      Delete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers