Naik gunung saat musim hujan? Lebih baik di pikir dua kali

12:52:00 AM

 
Naik gunung saat musim hujan? Lebih baik di pikir dua kali sebelum memutuskan untuk tetap lanjut.

Rasanya musim semakin sulit di tebak. Yang saya rasa hampir di setiap saat ketika saya naik gunung di iringi hujan. Hujan sedang bahkan sampai badai. Tapi jika kalian ingin naik gunung saat musim hujan sebaiknya di pikir matang-matang terlebih dahulu. 

Banyak sekali resiko yang akan muncul ketika kita memaksakan naik saat hujan atau badai. Beberapa waktu lalu saat pendakian saya ke  Gunung Merbabu di Jawa Tengah hampir sepanjang perjalanan di selimuti kabut bahkan hujan deras sampai badai. Saat ini saya memutuskan untuk tidak naik gunung saat musim hujan. Selain supaya lebih aman saya juga gak mau rugi ketika sampai puncak harusnya bisa melihat view tapi malah di selimuti kabut. 

Beberapa hal yang harus kalian pikirkan saat ingin mendaki di musim hujan. 

  • Bahaya atau resiko yang akan muncul saat pendakian. 
Bahaya atau resiko yang paling buruk sekalipun harus kita pikirkan saat melakukan pendakian di musim hujan. Hal yang sangat dan paling penting yang biasa mengakibatkan fatal. Tujuan naik gunung ingin menyatu dengan alam atau sekedar menikmati keindahan alam. Jangan sampai tujuan kita malah menjadikan bahaya untuk diri kita atau orang lain. 

Saat musim hujan jalur pendakian akan semakin licin dan sulit di pijak. Resiko terjatuh atau terpeleset lebih besar. Saat musim hujan angin atau kabut akan semakin banyak menyelimuti selama pendakian. Udara akan semakin dingin jangan sampai kita malah kedinginan bahayanya malah sampai hypo *amit amit.
  • Persiapan barang bawaan akan semakin banyak.
Yang harus di perhatikan selain resiko mendaki saat musim hujan adalah barang-barang bawaan kita akan semakin banyak. Karena perlengkapan atau peralatan yang akan kita bawa saat pendakian di musim hujan pun akan semakin banyak. Kita haru membawa jas hujan atau jaket double sebagai persiapan jika udara sangat dingin. 

  • Bersiap kecewa karena view yang di inginkan ketutup kabut. 
Wah hal ini juga perlu di pikirkan, Karena berdasarkan pengalaman saya minggu lalu saat mendaki ke gunung merbabu ingin sekali melihat view sabana 1 & 2 yang hijau. Namun nyatanya tertutup kabut. Sangat disayangkan meskipun sedikit kadang kabutnya hilang tetap saja tidak sesuai ekspektasi saya. 

Kalian juga gak mau kan capek-capek sampai puncak nyatanya malah ketutup kabut view nya, Kan jadi sedih dan punya PR untuk kembali lagi dan berharap dapat view yang diharapkan.

  • Berhenti mendaki jika cuaca tidak memungkinkan.
Mendaki adalah soal menaklukkan ego. Terkadang, ego membuat kita ingin terus mendaki ke puncak meski keselamatan jadi taruhannya. Inilah saatnya kita menaklukkan diri kita sendiri. Meskipun terkadang sangat susah. Karena kerinduan mendaki akan selalu mengalahkan pemikiran tentang keselamatan.

Jika cuaca memang tidak memungkinkan untuk mencapai puncak, tak perlulah memaksakan diri. Sebab, tujuan utama kita mendaki adalah pulang dengan selamat. Toh, puncak masih bisa didaki lagi lain kali, bukan?

Nah beberapa hal yang harus di pikirkan ketika kalian ingin mendaki saat musim hujan.
Semoga bisa bermanfaat 😊

You Might Also Like

0 komentar

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers