Aqua Lestari, bukti nyata kepedulian Perusahaan Aqua

8:45:00 PM

Menjadi salah satu pemenang Explore Indonesia Jogja 2016 yang di laksanakan oleh Airport.id merupakan salah satu kebanggaan bagi saya. Acara Explore Indonesia Jogja 2016 ini di sponsori oleh #AquaLestari. Sebelum kegiatan berlangsung seperti biasa saya suka kepo, apasih yang akan kita lakukan bersama #AquaLestari, dan tempatnya seperti apa?

Ternyata semua di luar ekspektasi dan diluar dugaan, kegiatan #AquaLestari ini sangat-sangat menyenangkan dan sangat seru. #AquaLestari merupakan wujud nyata kepedulian Perusahaan Aqua terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggungjawab dan komitmen menjaga keseimbangan antara bisnis dan kelestarian lingkungan serta kemajuan masyarakat, kece kan #AquaLestari ini.
Selamat datang di lahan belajar #AquaLestari
Saya dan teman-teman berkesempatan mampir di wilayah Klaten, Jawa Tengah. Di desa Polan, Kecamatan Polanharjo, Klaten adalah salah satu desa yang di jadikan sebagai lahan belajar atau wilayah konservasi oleh #AquaLestari.

Di desa ini banyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh #AquaLestari dan masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar. Mau tau seperti apa saja program-program yang sudah dijalankan di sekitar pabrik di wilayah Klaten?

Di wilayah Klaten sendiri ada lima program yang inspiratif dan sangat bagus untuk ditiru oleh perusahaan-perusahaan lain, yaitu program konservasi, Akses Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan, Pengembangan Ekonomi Kemasyarakatan, Infrastruktur, Agama dan Budaya.

Implementasi Aqua Lestari di Klaten sudah mengembangan Model Desa Konservasi, yaitu kawasan yang menjadi percontohan atau model bagi desa-desa lain di sekitarnya dalam mengembangkan berbagai kegiatan yang menyangkut pemberdayaan masyarakat dalam aspek sosial dan lingkungan salut deh pokoknya sama #AquaLestari. Dari #AquaLestari ini saya mendapatkan banyak sekali ilmu mengenai lingkungan.

pict by @fahmi_haris
Pict by @johannessitorus
  • Pertama
Bagaimana cara memberantas hama yang menggangu tanaman para petani secara alami?

Di Desa Polan, kecamatan Polanharjo ini saya mendapatkan jawabannya. Di desa ini dibantu #AquaLestari mewujudkan impian para petani dengan memberantas hama tikus yang bisa mengganggu proses panen dengan cara sangat alami. Cara yang digunakan yaitu dengan cara pemberantasan hama tikus melalui predatornya.

Burung hantu merupakan predator utama tikus, sehingga petani di Desa Polan membuat penangkaran butung hantu, cara yang sangat unik menurut saya. Cara ini sangat efektif menurut para petani di Desa Polan ini.

Pembuatan pola sebelum dijahit
  • Kedua
Bagaimana cara mengolah sampah sampah menjadi barang-barang atau benda yang bermanfat dan memiliki nilai jual?

Masih di di satu kawasan yang sama disini saya diajak untuk menyaksikan bahwa sampah plastik bisa dimanfaatkan dan digunakan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai macam tas, sepatu, baju seta benda-benda lainnya yang bisa menghasilkan uang.

Uniknya di Desa Karanglo ini terdapat bank sampah dimana bank sampah ini merupakan tempat pengolahan atau mengumpulkan sampah-sampah dan di pisahkan menurut jenisnya.
Pict by @andi_lubis
  • Ketiga
Masih dalam satu lokasi, kami diajak menyusuri sungai dengan menggunakan ban dalam kendaraan. Atau lebih di kelar rivertubing. Rivertubing ini merupakan wisata yang di kelola oleh masyarakat sekitar. Sungai Pusur yang melintasi wilayah Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menjadi tempat yang kami kunjungi selanjutnya. Sungai pusur menjadi obyek wisata alternatif.

Awalnya #AquaLestari bersama pemuda sekitar melakukan kegiatan pengelolaan lingkungan atau pembersihan bantaran sungai dari sampah, sampai akhirnya mereka berfikir kenapa tidak dijadikan tempat wisata saja jika memang berpotensi untuk di jadikan tempat wisata. Selain membantu masyarakat sekitar dan kebersihan sungai akan tetap terjaga, karena dengan dijadikannya tempat wisata maka masyarakat sekitar akan semakin sengan untuk membuang limbah atau sampah ke sungai.

Kegiatan kami bersama #AquaLestari lebih lengkapnya yaitu Bank Sampah Rukun Santosa, Desa Karanglo dan Serunya Rivertubing di Sungai Pusur

Terimakasih Aqua atas usaha menjaga lingkungan dan membantu masyarakat sekitar untuk menyadari bahwa betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Seluruh kegiatan ini di sponsori oleh :

Terimakasih untuk para sponsor

You Might Also Like

4 komentar

  1. Replies
    1. Hai kaka unch muncul di sini..
      iyah aqualestari emng keren bgd program programnya ..

      Delete
  2. aku malah belum pernah ke Polan e . padahal rumahku klaten . hehe.
    menarik Mba. yg banyak ya nulis klatennya. hehe. promosiin daerahku

    ReplyDelete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers