Ketika Cinta tertinggal di 3142 Mdpl (Mt Merbabu)

11:39:00 AM

Pasukan siap
Awal sih penasaran banget sama gunung merbabu, nah yang bikin saya paling penasaran itu ya sabana 1 dan 2 dan semakin bikin saya makin nekat untuk segera sampai di sana.

Cerita pendakian ini di mulai ketika saya sangat merindukan kedinginan *bukan rindu kenangan* karena ternyata naik gunung itu bikin kita kecanduan. iyah kecanduan bikin gak mau berenti dan maunya naik gunung lagi lagi *padahal capek.

Ya udah tau capek kalau gak ada sesuatu yang bikin ketagihan gak mungkin dong bakal terus naik lagi lagi dan lagi. Lagi lagi gara gara instagram, buat saya semakin penasaran sama sabana 1 & 2 nya. Namun sayang cuaca tidak memungkinkan saya untuk camp dan melanjutkan perjalanan ke sabana 2, akhirnya kita camp di sabana 1 dan menikmati sabana 1 dengan befoto sebanyak mungkin.
bekum apa apa udh robek celananya

Hello green
Pendakian kami dimulai dari jalur selo gancik. Pagi itu kami semua merapikan barang bawaan dan packing ulang untuk selanjutnya bersiap siap mendaki. Target sih harus sampai sebelum jam 3, tapi karena kita mendaki bukan untuk mengejar ngejar waktu makanya lebih santai dan menikmati setiap langkah yang kita pijak.

Untuk menuju ke Basecamp Selo yang berada di Desa Genting, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali bisa dibilang cukup mudah, hanya saja terdapat beberapa bagian jalan yang rusak, akses menuju Basecamp Selo bisa dijangkau dari beberapa kota tetangganya seperti Magelang, Semarang dan Solo. Kebetulan kita naik kereta dan turun di St Solo Jebres dari stasiun solo jebres ke bascamp selo gancik membutuhkan waktu 2-3 jam.
Pos 3
Tenda para pendaki di pos 3
Untuk tracknya lumayan landai dari bascamp sampai ke pos 3, nah setelah melewati pos 3 jalus semakin terjal. Nah, inilah jalur terberat di jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo, dan jalur ini juga menjadi salah satu faktor kenapa beberapa pendaki lebih memilih mendirikan tenda di Pos 3, untuk melewati jalur tersebut kita membutuhkan tenaga ekstra karena kemiringannya yang cukup membuat turun mental para pendaki pemula terutama saya.
Sabana 1 ketutup kabut
Sesampainya di Sabana 1 kita bisa melihat sunset, selain di Pos 3, beberapa pendaki juga memilih mendirikan tenda di Sabana 1, tak hanya faktor kelelahan saja tapi pemandangan yang ditawarkan Sabana 1 juga sudah sangat indah, disini kita juga sudah bisa melihat puncak Merbabu, Sabana 1 merupakan dataran yang sangat luas dengan beberapa bukit disisi sampingya. Okeh kita sampai di sabana 1 dulu nanti selanjutnya camp di sabana 2.

Estimasi Waktu Pendakian Merbabu via Selo :
Basecamp – Pos 1 (2,5 jam)
Pos 1 – Pos 2 (1 jam)
Pos 2 – Pos 3 (45 menit)
Pos 3 – Sabana 1 (1 jam)
Sabana 1 – Sabana 2 (1 jam)
Sabana 2 – Puncak (1,5 jam)
Total : 7 jam 45 menit (dengan syarat lebih banyak berjalan dan sedikit istirahat)

Biaya Retribusi :
Rp. 15.000/orang
Parkir Rp. 5.000/motor

Estimasi biaya dari jakarta :

  • Tiket kereta PP (St Pasar Senen - Solo Jebres) Rp 208.000/orang
  • Sewa mobil dr St solo jebres ke basecamp selo Rp 600.000 (pp untuk 6 orang)
  • Retribusi Rp 15.000/pax

Perorang kira-kira menghabiskan uang Rp 323.000 belum termasuk makan karena kita bawa logistik .

Info Tambahan Pendakian Gunung Merbabu via Selo :

  • Tidak ada sumber air di jalur pendakian ini, jadi pastikan kamu membawa logistik yang memadai ya.
  • Lokasi yang cocok untuk mendirikan tenda adalah di Pos 3, Sabana 1 dan Sabana 2, namun biasanya pendaki lebih memilih mendirikan tenda terakhir sebelum summit di Sabana 2.
  • Waktu terbaik untuk mendaki di Gunung Merbabu adalah saat siang hari, jadi kita bisa melihat pemandangan sepanjang jalur.
  • Gunung Merbabu memiliki 3 puncak, yaitu Puncak Trianggulasi, Kenteng Songo dan Syarif, biasanya pendaki lebih memilih di Puncak Kenteng Songo (tengah).

Begitulah sedikit cerita saat pendakian ke Gunung Merbabu. Sepertinya saya akan kembali lagi untuk sampai ke puncak, karena cinta saya tertinggal di sabana 1.

"Jangan mengambil apapun selain gambar, jangan meninggalkan apapun selain jejak, jangan membunuh apapun selain waktu."
Anonymous

Namun sayangnya cinta saya tertinggal di sabana 1 dan sepertinya harus kembali lagi kesana.

You Might Also Like

0 komentar

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers