Empal gentong mang Darma, Khas Cirebon

8:33:00 PM

 
Empal Gentong - Kuliner khas cirebon yang sangat terkenal ini sudah berhasil menarik saya untuk mencicipi langsung dari kota asalnya. Sengaja jauh-jauh ke Cirebon memang salah satunya untuk menikmati Empal Gentong dan kuliner lainnya seperti Tahu Gejrot, Nasi Jamblang, Mie Kocok. 

Sampai di Cirebon kebetulan perut sudah kelaparan sejak tadi. Langsung menuju Empal Gentong Mang Darma yang ada di depan Satasiun Cirebon. Nah, ini dia Empal gentong yang pastinya dikenal banyak orang di Cirebon. Kalau ke Cirebon, kayaknya gak lengkap kalo gak mampir dan makan disini Emapal Gentong Mang Darma. 

Nah apasih Empal Gentong itu? Empal gentong merupakan daging empal yang berkuah, bukan empal kering yang sering kita jumpai di Jakarta atau pada umumnya. Empal ini di masak di dalam gentong tanah liat dengan kayu bakar. Kita pun bisa memilih daging saja atau di campur dengan babat atau jeroan lainnya. Rasanyaaa tetap enak. Empal Gentong ini bisa dinikmati dengan nasi atau lontong, sesuai selera. Tapi saya lebih tertarik dengan nasi biar kenyang sekalian. Hehhe

Bumbu dari Empal Gentong Mang Darma memang sudah menjadi rahasia keluarga Mang Darma dan sampai saat ini juga masih diracik sendiri oleh sang istri yang sudah berumur sekitar 80 tahun. Satu yang khas dari empal Mang darma adalah cara memasaknya yang menggunakan kayu bakar dari pohon asem, yang bisa memberikan rasa khusus pada kuahnya. 
Rasa empal gentong ala "Mang Darma" ini tentu enak, kalau tidak pasti tidak akan bertahan selama ini, dan tentu tidak akan selalu ramai setiap harinya. Walaupun tempat makannya tidak terlalu besar, namun dapat menampung lumayan banyak pengunjung yang ingin menikmati empal gentongnya. 
Empal Gentong di Cirebon punya rasa yang hampir mirip.

Tapi di sini, Empang Gentong Mang Darma, berasa lebih gurih kuahnya. Daging nya juga empuk.



1 porsi empal pakai nasi di hargain 20.000 harganya tidak menguras kantong kan? tidak mahal tidak murah juga. 


Tertarik mau coba Empal Gentong? 
Datang saja ke cirebon .. 

You Might Also Like

0 komentar

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers