Wisata hits Telaga Biru Cigaru, Cisoka Kabupaten Tangerang

7:43:00 PM

Traveling sepertinya sedang hits banget di Indonesia bahkan di semua kalangan masyarakat nya. Bagi saya yang bukan hobi jalan-jalan *tapi suka kabur-kaburan* hampir setiap daerah di Indonesia punya daya tarik tersendiri. Wah kalau saya memang tidak heran sama Indonesia yang punya jutaan pulau, kebudayaan, makanan khas, tarian daerah dan masih banyak lagi itu daya tarik Indonesia yang sesungguhnya dan Indonesia bagi saya tidak akan pernah habis keindahannya. Pokoknya Indonesia selalu juara, biar kata negara tetangga lebih segalanya tapi saya justru malu kalau negara sendiri saja belum habis saya datangi eh malah ke negara orang *ayo keliling Indonesia, ajakin aku yah kalau mau jalan-jalan* hehhehe ..

Kali ini saya berkesempatan mampir ke daerah Tangerang. Sebelumnya saya mencari-cari info tempat yang lagi booming di bicarakan dan sampailah saya pada Danau Biru Cisoka. Wah semakin penasaran saja saya setelah stalking di instagram ternyata ok juga tempatnya jadi langsunglah saya mengatur strategi agar segera sampai di sana. 

Maps dari kalideres
Cari lokasi menggunakan google maps, ternyata lokasinya tidak terlalu jauh dengan jarak kira-kira 48 kilometer dari kalideres hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan mobil dan 2 jam kurang dengan mengendarai motor. Karena gak punya mobil jadilah naik motor, dan artinya pantat bakalan panas nih. Hahha semangat bermodal maps. 

Melewati jalan raya serang dan berbelok ke arah pemerintahan kabupaten Tangerang samapailah kita di desa cisoka, kabupaten tangerang dengan mulus tanpa nyasar. Dengan sedikit perjuangan lewatin galengan sawah yang becek karena bekas hujan tadi malam. Saya memang suka banget sama suasana kampung dengan sawah yang di penuhi padi. Jadilah saya semakin bersemangat.
pemandangan selama perjalanan ke danau cigaru
Tidak banyak petunjuk arah yang ada sehingga beberapa kali saya bertanya pada warga kampung. Sangat disayangkan terlalu banyak pemungutan liar dari pintu masuk sampai di tempat parkir 3x di minta uang tiket. Memang tidak banyak tapi membuat pengunjung tidak nyaman. Sepertinya harus ada kordinasi yang baik antar penduduk dengan pengelola.
Berhubung tiket yang diminta tidak besar jumlahnya jadi lanjut terus sampai ke tempat parkir. Kondisi tempat parkir yang sudah terorganisir dan rapih.
View Telaga Biru Cigaru, Cisoka dari atas
Perahunya unik banget
Sudah ramai pengunjung saat itu, banyak warung yang berjualan di sepanjang jalan. Berhubung perut lapar langsung pesen soto mie, seperti biasa harus di biasakan bertanya harga terlebih dahulu agar tidak terjadi penembakan harga.

Fenomena Telaga Biru Cigaru atau yang sering disebut Danau Cigaru yang terletak di kampung Cigaru, desa Cisoka saat ini sedang hebohnya membuat saya semakin penasaran seperti apa telaga biru ini. Danau ini memang sering berubah warna terkadang hijau, biru bahkan bening, hal ini disebabkan karena kadar asamnya tinggi, ada alga ganggang yang nanti bisa berubah terkena sinar matahari.

Menurut salah satu tokoh masyarakat setempat sekaligus pengelola Telaga, Haziji, fenomena alam ini terjadi sekitar dua bulan lalu, setelah galian pasir tidak aktif, awalnya air di telaga itu biasa saja setelah kemarau panjang tiba-tiba air berubah kadang hijau kadang biru tapi sesekali bening.
“Dengan adanya fenomena alam ini, masyarakat banyak mengambil berkah, seperti anak-anak muda disini bisa jaga parkir, yang perempuan juga dagang minuman, karena disini sekarang ramai orang dari mana-mana datang, dari Tangerang, Serang, bahkan kemarin ada rombongan dari Lampung,” kata Hajizi (sumber google).

Sebenarnya danau ini terbuat akibat penambangan pasir atau galian pasir yang sudah tidak beroprasi beberpaa tahun lalu sehingga membuat genangan air. Beberapa bulan terkahir tempat ini menjadi heboh dan dijadikan tempat wisata karena keunikan airnya.

Saya sempatkan berkeliling seluruh sisinya dan mengabadikannya melalui kamera xiaomi yang saya bawa dan berhasil mengumpulkan foto selfie terbanyak. Maklum suka selfie hehhehe.. 
Jika ingin berwisata atau main main ke telaga biru cisoka ini harus exstra hati-hati yah karena rawan longsor. Di dalam satu kawasan ini Ada 4 danau yang terbentuk dari galian pasir semuanya sangat foto genik. Airnya biru membuat saya tidak menyesal jauh-jauh datang kesini. Kalau boleh saya sarankan kalau mau ke sini jangan siang-siang lebih baik pagi atau sore hari menghindari panas matahari.
Telaga biru cigaru ini di kelilingi pesawahan hijau. Kebetulan saat saya datang di siang hari cuaca sangat bersahabat mendung dan banyak angin. 

Ayo ke Tangerang... 

You Might Also Like

13 komentar

  1. Hahaha.. Saya payah banget Mba Indah, orang Tangerang tapi tidak tahu tempat ini. Terimakasih ya atas sharingnya nanti kapan-kapan saya akan jambangi Telaga Biru ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tau Tan Ev.. ini tempat lagi hits banget makanya penasaran jadi aku jambangi sekalian.. ternyata okeh juga tempatnya.. lumayan buat ngilangin bosen .. hehhe

      Delete
  2. Indah, sampai ke lokasi brarti harus naik motor ya? Blm ada sarana transportasi yg udah sampai kesana kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bawa mobil juga bisa en ,, tapi yah gitu jalanannya cuma bisa satu mobil kalau ada mobil dari arah baliknya bingung ...

      Delete
  3. Kalau transportasi umum udah ada ngga indah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa naik kreta tapi masih lumayan agak jauh dr jalan utama en .. Ke dalemnya agak jauh dan cuma ada ojek .. Hehhe

      Delete
  4. mirip danau jayamix di rumpin bogor ..
    tapi lebih seru nih seperti nya ..
    boleh lah berkunjung kesana ..
    untuk pungutan pungli yg segitu banyak perkiraan berapa ka indah ?


    #izin share di facebook ya ka ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah kaka mirip katanya .. silahkan boleh banet kalau mau bantu share di fb .. makasih loh kak aman

      Delete
  5. kalau untuk biaya masuk buat prewedding berapa ya?

    boleh di share di email saya musyarofah2011@fgmail.com
    terimakasih

    ReplyDelete
  6. Sebenernya lumayan bagus situ mah.
    Hanya saja tidak teratur.
    Harusnya dikelola oleh pemerintah setempat. Bukan diserahkan kepada preman.

    ReplyDelete
  7. Info dongs, bisa/bolej ngecamp disana gak?

    ReplyDelete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers