Siapa bilang Gua Haji Mangku mistis?

8:01:00 PM

Sudah pernah mampir ke Gua Haji Mangku ketika main ke Pulau Derawan??? Gua yang menurut warga setempat mengandung mistis yang cukup kental karena konon katanya banyak orang yang berkunjung ke Gua Haji Mangku ini suka melihat hal yang aneh-aneh. Saya semakin penasaran seperti apasih wujud dari gua haji mangku tersebut yang mistis tapi sangat indah katanya.

Tujuan ke dua di hari kedua kunjungan saya saat di Pulau Derawan bersama @derawanfisheries dan teman teman #MeetAndTrip05 yaitu Gua Haji Mangku. Gua yang memang letaknya masih di dalam Pulau Maratua tapi kita harus menggunakan speedboat dan tracking sebentar untuk sampai di mulut gua ini. 
Menurut yang saya baca di google ternyata ada dua cara untuk sampai di Gua Haji mangku. Memutar dengan speedboat atau lewat darat dengan berjalan kaki selama 7 jam. Rasanya kalau punya banyak waktu lebih tertarik untuk berjalan kaki mungkin akan banyak kesan dan pengalamannya hehhe ..

Gua Haji mangku terletak di Pulau Maratua tepatnya di kampung payung-payung. Oh iyah jika kalian ingin ke sini harus memperhatikan pasang surutnya air laut agar speedboat bisa berlabuh di dermaga dengan aman karena kalau lagi surut speedboat tidak akan bisa bersandar di dermaga.
Dermaga menuju Gua Haji Mangku
Sampai di dermaga kita mulai tracking, tidak sampai 10 menit berjalan kaki sampailah kita di mulut gua. Hati-hati kontur jalannya berkarang, semak belukar dan naik turun. Kaki saya saja sampai terluka terkena karang, sebetulnya memang salah saya karena berjalan sambil memotret alhasil tergilir gara-gara jalannya kurang fokus. Jadi harus exstra hati hati yah jangan sampai kaki kalian terluka terkena karang apalagi sampai berdarah seperti saya.
Tracking awal ke Gua Haji Mangku
Keseruan kita semua berlanjut di Gua Haji Mangku, rasanya masih belum puas loncat dari dermaga Pulau Maratua dan dilampiaskan di Gua haji mangku deh. Antri untuk loncat dan narsis, wah sangat disayangkan sekali kalau kalian jauh-jauh sampai ke sini dan ternyata tidak loncat. Rasanya kurang dan harus banget dateng lagi ke sini, saya yang sudah merasakan sensai loncat pun mau banget balik lagi ke tempat ini. Alhamdulillah saya tidak menemukan hal aneh di sini justru sebaliknya sangat menyenangkan melihat air dengan pantulan cahaya berubah warna menjadi biru tosca. Air nya payau dan dingin, kondisi di sekeliling Gua pun sangat adem karena banyak pohon yang tumbuh yang melindungi kita dari cahaya matahari langsung. Tapi ingat dimanapun kita berada harus hati-hati dan tidak boleh sombong.
Pemandangan Gua Haji Mangku dari atas
Airnya berwarna biru dan menyala seperti kristal
Sampai di mulut Gua saya pun sempat ragu untuk loncat atau tidak. Namun siapa yang tahan lihat warna air yang berwarna biru agak gelap dan terkena pantulan cahaya berubah menjadi tosca. Dari atas gue terlihat kedalamannya yang tidak dangkal. Ternyata kata mas apoy kedalamannya mencapai 30 meter woow .. saya jadi berani berani takut, tapi lebih banyak beraninya dari takutnya sih alhasil byuuuur loncat lah saya. Nekat loncat dari ketinggian sekitar 5 meter dan rasanya semua beban hilang. Airnya yang dingin bikin saya gemetar. Sempat sedih karena harus ada yang di jadikan korban di Gua ini, kamera Go Pro nya bang dee terlepas ketika dia loncat dr atas dan langsung tenggelam ke dasar. Mba agnes dan om gun berusaha mencari namun karena terlalu dalamnya gua ini mreka tidak bisa menjangkaunya. Jangan sedih ya bang dee nanti dapet gantinya yang lebih ok .. 
Relax (pict by @dgoreinnamah)
Bagi kalian yang tidak sanggup menguji nyali kalian dengan loncat bisa turun dengan santai melalui mulut gua dan bisa berenang dengan juga seperti saya. Jika ragu untuk loncat lebih baik turun perlahan dari mulut gua. Pokoknya sangat di sayangkan kalau kalian berkunjung ke sini tapi tidak basah. 

Jika kalian ingin berwisata di Pulau Derawan bisa hubungi mas apoy (mas harry) selain orangnya yang rama doi pun jago sekali membahagiakan para tamunya loh. Bisa hubungi doi di bawah ini:

Harry Gunawan (Owner)
Water Cottages & Tour Operator
Mobile : 081351319338
Email : derawanfisheries88@yahoo.com

You Might Also Like

2 komentar

  1. Replies
    1. Harus ke sana dong ...
      Keren banget malah .

      Kalo ke sana butuh guide aku bersedia loh 😊😊

      Delete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers