Puasa? Naik Gunung yuk ..

11:43:00 PM

   
Puasa? 
Mendaki? 
Why not?

Puasa bukan halangan buat naik gunung loh .. 
Kata siapa kalau puasa gak bisa naik gunung? Memang bener sih saat puasa resiko kelelahannya lebih tinggi yang disebabkan oleh dehidrasi di dalam tubuh kita karena kadar air dalam tubuh berkurang.

Nah kalian yang ingin mencoba naik gunung saat berpuasa jangan sampai menyepelekan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi saat pendakian. Banyak hal yang harus di perhatikan jika kalian ingin mencoba mendaki saat berpuasa diantaranya,
  • Mantapkan niat dan yakin.
Pertama adalah niat agar puasa kita tetap terjaga dan bisa tetap mendaki. Sehingga dengan adanya niat insya allah semua akan terasa lebih ringan dan mudah. Kalau ragu sebaiknya jangan, harus bijak dalam memutuskan dan memilih tujuan pendakian.
  • Pilihlah tujuan pendakian yang jalurnya santai.
Kalian yang mau mencoba naik gunung aaat berpuasa harus memilih gunung yang jalur pendakiannya santai jangan yang terlalu sulit dan panjang. Berdasarkan pengalaman, saya lebih memilih gunung papandayan yang ada di garut untuk tujuan pendakian saat puasa. Mengapa? Ya karena track pendakiannya yang tidak terlalu panjang dan jalurnya yang santai sehingga kita tidak perlu bersusah payah dalam pendakian.
  • Pastikan mendaki setelah berbuka atau sahur.
Bagi saya lebih memilih mendaki setelah sahur, kenapa? Karena sebenarnya saya ini punya pengalaman gak enak saat mendaki malam hari selain itu juga stamina masih terjaga setelah makan sahur. Bagi yang ingin mendaki setelah berbuka juga saat yang tepat jadi kita tidak perlu takut kalau puasa kita akan batal.
  • Meminimalisir perlengkapan. 
Meminimalisir perlengkpan bukan berarti mengurangi barang-barang bawaan yang penting. Harusnya mengurangi yang tidak penting supaya jangan dibawa. Bawalah perlengkapan yang tidak terlalu berat dan lebih selektif dalam menentukan barang apa saja yang akan kita bawa. Tujuannya sih agar badan tidak terlalu capek dan kuat sampai berbuka tetapi tetap mengutamakan kegunaannya dan keperluannya ya.
  • Melakukan pendakian dengan santai.
Jangan telalu terburu-buru supaya stamina kita tetap masih terjaga. Karena kalau kita terburu-buru akan lebih cepat merasa haus dan laparnya. Atur juga nafas ketika sudah terasa lelah langsung istirahat terlebih dahulu jangan melanjutkan perjalanan, setelah nafas kembali normal baru deh lanjutkan perjalanan.


Semoga bermanfaat bagi semua yang membacanya dan bukan bermaksud menggurui hanya sekedar sharing berdasarkan pengalaman agar kita bisa tetap naik gunung saat berpuasa.
Jangan sampai batal yah.. 
Tetap di jaga puasanya

You Might Also Like

0 komentar

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers