Main bersama Ubur-Ubur di Danau Kakaban

1:51:00 PM

Entah sudah tulisan keberapa yang saya tulis mengenai wisata di sekeliling Pulau derawan, Kalimantan Timur. Rasanya seperti punya banyak sekali stok tulisan yang siap di posting kapan saja saya mau. Hoaaamz ternyata tidak semudah yang dibayangkan, menulis harus benar-benar butuh inspirasi. Tapi entah mengapa dengan lancarnya saya perlahan mengeluarkan tulisan-tulisan saya yang acak-acakan, ya memang saya tidak punya bakat menulis dari kecil. Jadi harap maklum kalau tulisan saya acak-acakan kaya gini. 
Setelah sekian minggu berkelut dengan tulisan di Tugas akhir dan sekarang saya sudah bisa menulis di blog lagi. 

Liburan ke Kalimantan kemarin itu adalah liburan sebelum berjuang dengan kesibukan-kesibukan di kampus.
Seneng banget bisa liburan bareng orang-orang hebat, Bahkan saya merasa liburan ke Pulau Derawan kali ini sangat lepas. Bebas melakukan apa saja yang baik-baik dan seru. 
Berenang bareng temen ya biasa, wah kalo ini berenang bareng ubur-ubur? Bikin saya semakin antusias. Pulau Kakaban adalah salah satu destinasi wajib ketika kalian berkunjung ke Pulau Derawan. 

 
Pulau Kakaban mempunyai luas 774,2 hektar dan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.Pulau Kakaban menarik perhatian turis-turis manca negara dengan beberapa keunikannya, salah satunya adanya danau di pulau tersebut yaitu Danau Kakaban. Yang mana pada danau tersebut diisi oleh campuran dari air hujandan rembesan air laut dari pori-pori tanah dan membuat suatu habitat endemin yang berbeda pada kebanyakan kawasan danau lain di dunia, selain Danau Kakaban ada satu lagi danau dengan air payau yaitu di Kepulauan Palau, Di danau Kakaban dapat di temukan jenis ubur - ubur yang tidak menyengat, diperkirakan ribuan tahun yang lalu ubur - ubur tersebut terperangkap dan berevolusi untuk dapat berfotosintesis di mana hampir tidak ada hewan lain mampu melakukannya, ada empat jenis ubur ubur di danau Kakaban antara lain golden Jellyfish dan Moon Jellyfish. (Sumber dari wikipedia)

Pict By @puspitaputria
Di Pulau Kakaban sangat berbeda kondisinya dengan Gua Haji Mangku dengan kondisi jalan untuk sampai di Danau Kakaban ini sudah di bentuk dengan kayu-kayu yang membuat pengunjung sangat nyaman. 
Untuk sampai di danau tidak membutuhkan waktu panjang dan berjalan jauh, cukup dengan berjalan tidak sampai 10 menit kita sampai di danau. Pemandangan danau yang luarbiasa dari dermaga terlihat luasnya danau. Kami serombongan pun langsung bersiap-siap untuk berenang bersama ubur-ubur. Main main dengan ubur-ubur, mitosnya sih kalau kita menghentakan kaki di dalam air ubur-ubur akan semakin banyak yang berdatangan. 
 
Oh iyah jangan lupa harus patuh pada himbauan untuk menjaga kelestarian ubur-ubur di Danau Kakaban ya agar ubur-uburnya tidak semakin sedikit, 
  1. Jangan melompat secara langsung ketika akan berenang.
  2. Tidak diperbolehkan menggunakan fin (kaki katak) saat berenang. 
  3. Tidak menggunakan sun block saat berenang.
  4. Tidak membuang sampah sembarangan.
Nah kalau sudah tau harusnya bisa menjaga dong yah.. Jangan mencontoh yang tidak baik. 
 
pict by @dgoreinnamah
Pict By @dgoreinnamah
pict by @dgoreinnamab
Pict By @dgoreinnamah
Sayang banget saat saya ke Pulau Kakaban Ubur-ubur nya sedikit. Banyak hal yang bisa kita lakukan di danau kakaban selain berenang bersama ubur-ubur, seperti sayang yang memilih malas-malasan di atas floating. Hehhe .. Jangan lupa ambil foto sebanyak banyaknya tapi tidak membunuh ubur-uburnya ya dengan menangkap dan memeganya terlalau kencang.

Sebenarnya disamping danau Kakaban juga terdapat Kehe Daeng yang artinya Lobang Ikan, disaat air laut surut goa sempit yang semula terendam akan muncul di permukaan sehingga terumbu yang berwarna warni serta serta bintang laut dapat dengan mudah disentuh. Tapi sayang saya belum mendapat kesempatan untuk sampai di Kehe Daeng, tapi lain kali ya harus sampai. 

Sedikit dari Dananu Kakaban, di tunggu ya cerita selanjutnya. Jangan bosen-bosen ya mampir ke blog yang acak-acakan ini.. Hehhe

You Might Also Like

2 komentar

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers