Suka duka jadi tour leader

10:36:00 PM

hampir semua foto ini di ambil saat saya menjadi tour leader
Bicara soal Tour Leader, memang terlihat menyenangkan. Siapa yang sangka sih kenyataan sebenarnya seperti apa. Well di tulisan saya kali ini mau sedikit membahas lebih tepatnya sih menceritakan gimana rasanya jadi Tour Leader yang katanya pekerjaan impian banyak orang. 

Tour Leader jelas berbeda dengan Tour Guide. Tour Leader hanya sebatas memimpin kelompok perjalanan sedangkan Tour Guide adalah pramuniaga atau yang bertugas menjelaskan dan memberikan informasi mengenai suatu tempat. Tapi banyak juga yang berprofesi menjadi tour leader merangkap menjadi tour guide. 
Maaf kalo ketemu tour leader yang narsis ✌✌
Saya yang kebetulan sering menjadi tour leader di salah satu Travel operator temanjalanid sering juga merangkap sebagai tour guide. Jangan berfikir menjadi tour leader itu menyenangkan, terkadang bisa menjadi sangat menyebalkan. 

Gimana sih rasanya menjadi tour leader, suka duka yang saya rasakan selama 2 tahun lebih menjadi Tour Leader sekaligus mahasiswa dan karyawan di salah satu perusahaan. 

Suka nya jadi Tour Leader, 
  • Bisa jalan-jalan gratis
Yang pertama ini memang kadang kadang suka bikin iri banyak orang. Gimana engga yang mereka lihat adalah saya jalan-jalan terus. Sebenarnya jalan-jalan itu kerja. Hehhehe tapi memang bener banget kita bisa jalan-jalan gratisan. Saya semenjak sering menjadi tour leader malahan gak mau banget kalau harus jalan-jalan mengeluarkan uang, msalahnya biasanya di bayar. 
  • Memperbanyak pertemanan
Setiap trip pasti banyak orang-orang yang baru saja kita kenal. Awal trip biasanya masih agak cuek. Dan saat trip berlangsung mulai terasa keakrabannya. Dan setelah trip bisa memanjang silahtuhrahminya. Seperti kadang-kadang suka meetup. 
  • Mengenal berbagai macam karakter seseorang.
Dari trip lah saya bisa mengenal dan memahami seseorang. Karena pada saat ngetrip gak ada seseorang dengan topengnya. Semua tampil apa adanya. Berbagai sifat yang harusnya bisa saya mengerti, bukan seharusnya tapi di paksa mengerti.
  • Semakin memiliki sabar yang luar biasa.
Sabar mungkin adalah cobaan terberat. Namun saya sering mengalami bahwa kesabaran adalah kunci yang sangat besar dalam melakukan profesi sebagai Tour Leader. Kelacaran dan keberhasilan suatu trip itu tergantung bagaimana kesabaran kita dalam menghadapi dan melayani para peserta trip.

Dukanya jadi Tour Leader? 
Hahha kalau menurut saya dukanya gak ada. Setiap pekerjaan memang memiliki resiko dan itu adalah hal yang wajar. Meskipun terkadang ada peserta yang menyebalkan. Namun di situlah fungsi hati kita bekerja. Sabar kita di uji dan bagaimana cara mengatasinya? Ya cuma satu. Bersabar dan banyak-banyak ucap istigfar. 

Masih berminat buat menjadi Tour Leader? 
Sedikit info temanjalanid sedang buka lowongan jadi Tour Leader siapa tau ada yang berminat. 

You Might Also Like

3 komentar

  1. Replies
    1. Coba cari info di 08998161526 yahh ,, itu ownernya Temanjalan

      Delete
  2. Setujuuu!!! saya pun pernah jadi keduanya. Lucunya pernah handle 50 peserta dari kewarganegaraan Cina yang notabene semua peserta tidak ada yang bisa berbahasa Indonesia maupun English. Untungnya ada salah satu karyawan orang kita yang ikut di trip saya. jadi agak sedikit tertolong. Yaaa walopun harus keseringan pake bahasa tubuh. Hahhahaa...Oiya mampir juga di blog saya dianjuarsa.com

    ReplyDelete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers