Pengalaman pertama Scuba Diving di Pulau Derawan

9:53:00 PM

semua yang ingin ikutan Scuba Diving wajib ikut Pengarahan
Masih dalam rangkaian #meetandtrip05 bersama @derawanfisheries. Kami para peserta berkesempatan untuk merasakan sensai scuba diving. Wooow.. first time to me. Tidak lupa pengarahan dan penjelasan oleh ahlinya.
Nah apa sih SCUBA?? SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus) yang kalau di artiin adalah peralatan untuk bernafas di dalam air. Nah sebelum menyelam kita di arahkan dan di jelaskan oleh ahlinya masing-masing peralatan scuba, 
  • Tabung = Digunakan untuk menyimpan udara
  • Regurator = Selang untuk menyalurkan udara dari tabung ke mulut
  • Oktopus = Berguna untuk menyambungkan dari selang regulator ke mulut (digigit) 
  • Deep gauges = Alat pengukur kedalaman
  • Presur gauges = Alat untuk mengukur tekanan / kapasitas udara di dalam tabung
  • BCD = Alat yang berbentuk rompi yang berguna untuk menempelkan tabung ke badan kita
  • Weight belt = Alat yang berupa besi dan sabuk untuk menambah berat kita supaya bisa tenggelam
  • Wetsuit = Berupa bajunselam yang menutupi rapat tubuh kita
  • Masker = untuk melihat di dalam aiR
  • Fin = Alat bantu yang sering disebut kaki katak

Sempet sih berfikir gak mau coba karena takut. Tapi kenyataannya tetep mau coba. Lompat dari dermaga ajah berani masa gini ajah takut ndah *mencoba menyemangati* ok fixs ikutan scuba. 

Ah sempet bete, udah ngumpulin keberanian eh gak boleh ikutan scuba gara-gara pake celana pendek. Untung ada Puspita yang baik hati meminjamkan celananya akhirnya kami gantian deh. Setelah puspita selesai mencoba scuba diving baru lah giliran saya yang mencoba. 
Alat alat untuk menyelam
Apasih scuba diving itu? Yang saya baca dari google bahwa scuba diving (menyelam scuba) itu adalah salah satu olahraga menyelam. Pada dasarnya olahraga ini hanya melibatkan sebuah tabung udara yang di letakan di punggung dan menggunakan baju anti air untuk menyelam ke dasar laut dan menggunakan tabung udara uuntuk membuat kita tetap bernafas di dalam air. Olah raga ini cukup populer sekarang.

Wahh panik banget awalnya. Mas hary yang akrab di sebut mas apoy dengan sabarnya mengajari saya cara bernafas. Mengajari caranya menggunakan alat scuba. Wah pokoknya top banget deh. Dengan berat badan yang kurang saya fikir gampang menyelamnya eh ternyata saya masih blm bisa menyelam dengan 5 kg pemberat di pinggang. Akhirnya mas apoy nambahin 2 kilo lagi. Hahhaha terlalu enteng jadi ngambang. Derawan dive resort merupakan salah satu spot untuk diving di Pulau Derawan.
Start poin
Awalnya sumpah takut, apa lagi banyak cerita yang bilang kalau banyak yang hilang saat diving. Jadi ngeri-ngeri sedap. Pokoknya deg-deg ser pas awal, coba tanya mas apoy bagaimana expresi muka saya pas awal nyelem. Hahha panik banget dan gak kebayang jeleknya kaya apa. Pas sudah ada di kedalaman sekitar 4-5 meter saya mulai tenang meskipun gak mau ditinggal sama mas apoy. Kalo sendiri mah yah tetep ajah panik. 
Kesan pertama scuba diving yang menyenangkan jadi mau lagi scuba diving. 
Tidak seseram yang di bayangkan
yang pakai fins biru itu saya hahhaha tetep ajah yah narsis
Ketemu patrik ternyata dan karang karang. Namanya belajar nanti kalau sudah ahli coba yang lebih dalem yaa, tapi kumpulin nyali dulu. Gak berfikir buat narsis juga di dalem air tapi mumpung ada yg fotoin ya udah gaya dulu ajah. 
Seneng bisa scuba diving apa lagi gratisan. Harus banyak banyak makasih sama @derawanfisheries nih dan mas apoy. 

Pengalaman pertama yang menakjubkan jadi kapan kita Scuba Diving lagi??? 
Bagi kalian yang ingin Scuba Diving sekaligus wisata ke Pulau Derawan bisa hubungi mas apoy atau mas harry, 
Harry Gunawan (Owner)
Water Cottages & Tour Operator
Mobile : 081351319338
Email : derawanfisheries88@yahoo.com

You Might Also Like

7 komentar

  1. Waktu itu ya rugi banget aku. Sudah siap-siap di grup pertama yang akan turun eh begitu melihat peralatanya hati langsung jadi ciut. Entah kenapa kok saya jadi takut. Ya sudah mundur teratur saja. Padahal sebenarnya seru ya Mbak Indah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh iyah nih TanEv aku paksa paksa gak mau ikutan juga.. hehhe padahal seru bgd. Aku ajah jd pengen lagi ..

      Delete
  2. Waktu itu ya rugi banget aku. Sudah siap-siap di grup pertama yang akan turun eh begitu melihat peralatanya hati langsung jadi ciut. Entah kenapa kok saya jadi takut. Ya sudah mundur teratur saja. Padahal sebenarnya seru ya Mbak Indah :)

    ReplyDelete
  3. Yuk ikut sertifikasi Scuba Diving biar semakin bisa menikmati indahnya alam bawah laut Indonesia.. contact us at www.indonesiamenyelam.com

    ReplyDelete
  4. U should take your certification then, to explore more of Indonesia's Beautifull scenes :)

    ReplyDelete
  5. Waaahhh aku pun juga punya pengalaman yang sama. Pertama kali scuba diving di Pulau Pastofiri, halmahera barat, Maluku Utara. It was fun...Akhirnya bisa menyelam juga. Yaaa walopun cuma di kedalaman 6 meter aja sih. Tapi setidaknya tau rasanya air anget dan air dingin di kedalaman hahahahaa #norak
    Kalau mau tau ceritanya bisa kunjungi www.dianjuarsa.com

    ReplyDelete
  6. Mending latihan di kolam aja dulu, trus klo dah mahir baru deh ke laut.

    ReplyDelete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers