Jelajah Pulau Derawan Bersama Derawan Fisheries

12:51:00 PM

Instagram memang salah satu media sosial yang sedang hits di semua kalangan akhir-akhir ini. Saya pun tidak pernah lupa membuka akun media sosial yang satu ini. Beberapa waktu lalu akun instagram @indonesia_paradise memposting acara #meetandtrip05 yang di adakan di Pulau Derawan secara gratis dengan di sponsori oleh @derawanfisheries.

Bicara soal gratisan tentunya ada syarat dan ketentuan yang harus kita penuhi untuk lolos seleksi menjadi peserta #meetandtrip05. Persyaratan yang harus di penuhi yaitu, Harus Punya blog yang berhubungan dengan traveling, punya akun media sosial dan di utamakan instagram, memiliki kamera untuk dokumentasi (kamera jenis apapun *kodak pun boleh kalo masih ada* hehhe) dan selanjutnya kita harus submit email ke panitia dan selanjutnya panitialah yang menentukan.

Kali ini saya mencoba keberuntungan dengan submit email ke mereka. Tidak sampai satu jam email yang saya kirim mendapat balasan. Saya terpilih menjadi salah satu peserta #meetandtrip05 dan bisa berangkat ke Derawan gratis selama 4 hari 3 malam dengan biaya tiket sendiri. Wow itu pun sudah cukup membuat saya senang karena Pulau Derawan memang menjadi salah satu destinasi impian saya. Okeh fixs berangkat ke Derawan yeeeeeee.....
#meetandtrip05
Acara #meetandtrip05 di adakan di Pulau Derawan bersama 20 orang teman-teman blogger lainnya. Pertama kalinya bagi saya dan semoga bisa berlanjut dengan trip gratisan lagi *amin.

Hari pertama datang kami seharusnya di jemput dengan panitia. Karena pesawat yang saya naiki delay satu jam dari jadwal dan semua berantakan. Saya dan 5 teman blogger lainnya pun terpaksa menyusul mereka ke rumah Bupati untuk makan siang dan bertemu teman blogger lainnya yang memang sudah sampai sejak pagi. Makan siang sebentar dan langsung menuju Tanjung Batu untuk menyebrang ke Pulau Derawan.
Bus yang menghantar kami sampai di pelabuhan Tanjung Batu
Perjalanan Berau-Tanjung Batu di tempuh dengan jarak 2-3 jam perjalanan darat dengan kondisi jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun. Selain itu kondisi jalannya pun rusak parah dan sulit mendapatkan bahan bakar, karena memang jarang sekali pom bensing yang buka. Kondisi ini berbeda dengan kota Tarakan yang lebih mudah mendapatkan bahan bakar selain itu pula tiket pesawat jika melalui kota Tarakan pun lebih murah. Sampai di Pelabuhan Tanjung Batu dan langsung naik speed boat ke Pulau derawan dengan jarak tempuh kira-kira 20-30 menit.
Pelabuhan Tanjung Batu
Sampai di Pulau Derawan langsung menuju penginapan Derawan Fisheries dan kami di sambut dengan Tarian Dalling. Tarian Dalling merupakan tarian tradisional yang telah dilestarikan oleh Suku Bajau di Kalimantan Timur secara turun-temurun. Suku Bajau merupakan suku bangsa yang berasal dari Kepulauan Sulu, Filipina Selatan, yang biasanya hidup secara nomaden yang hidup di laut dan memilki mata pencaharian utama sebagai nelayan.
Welcome to Derawan Fisheries
Tarian penyambutan (Tari Dalling)
Tarian Dalling ini biasanya diselenggarakan untuk menyambut tamu kehormatan. Selain itu, tarian ini juga kerap ditampilkan pada acara tertentu, seperti pesta adat dan berbagai kegiatan keramaian di kampung-kampung *penyambutan yang berkesan.
Acara berlanjut dengan brefing dan pembagian kamar lalu hunting sunset di sunset poin. Kalau kalian mau tau @derawanfisheries itu apa coba mampir ke tulisan saya yang berjudul Serunya menginap di Derawan Fisheries

Day 1 selesai ditutup dengan makan malam dan perkenalan. Makan malam yang wow dengan lobster segede gaban *logat betawi* hahha luar biasa istimewa banget deh penyambutannya.
Lobsternya menggoda (by: @aqied)
Pura-pura lupa kolesterol (by: @aqied)
Foto by : @aqied
Day 2
Hari kedua di awali dengan kunjungan ke Pulau Maratua. Di Pulau maratua ini saya gak perlu banyak cerita langsung ajah deh liat foto-foto nya. Karena memang saya sendiri pun gak bisa mengungkapkan keindahannya dengan kata-kata.
Airnya berwarna biru tosca dengan kristal-kristal dari pantulan cahaya matahari menjadi ciri khas tersendiri Pulau Maratua ini.
maratua paradise resort
Warna airnyaaaaa tosca
Santai dulu bisa banget
Akhirnyaa bisa liat asli dan gak pake foto di google lagi deh
Destinasi kedua di hari pertama yaitu Gua Haji Mangku. Gua dengan air yang bening dan air asin ini ada di ujung Pulau Maratua, jadi jarak yang ditempuh pun tidak terlalu jauh. Untuk sampai ke Gua Haji Mangku kita di haruskan berjalan kaki dengan kondisi jalan yang berkarang jadi kalian harus exstra hati-hati. Saya pun sempat terkilir dan terkena karang. Tracking yang tidak jauh untuk sampai di Gua Haji Mangku. Pesona keindahannya tidak kalah dengan Pulau Maratua. Gak percaya langsung ajah liat foto-fotonya karena menang aslinya tuh bagus banget lebih dari yang ada di foto.
View selamat datang di Gua Haji Mangku
Dermaganya exsotis banget
Tracking sebentar ajah untuk sampai ke gua
Airnya bening banget
Just relax (by: @dgoreinnamah)
Dilanjut dengan mengunjungi Pulau Kakaban untuk bertemu dengan ubur-ubur penghuni Danau Kakaban. Break makan siang di pinggir pantai, syahdu banget deh pokoknya. Ah sudah tidak sabar bermain main dengan ubur-ubur. Kondisi jalan menuju Danau Kakaban berbeda dengan jalan menuju Gua Haji Mangku. Jalannya sudah dibuat dengan jembatan kayu panjang untuk sampai di pinggir danau, sehingga tidak terlalu lama waktu yang di tempuh menuju Danau Kakaban dari dermaga pulau. Langsung siap-siap nyebur buat main sama ubur-ubur

Selamat datang di Pulau Kakaban
Baca himbauannya ya
Ayo jangan merusak kita bantu lestarikan
Dermaga danau kakaban
Main sama ubur-ubur (by: Dgoreinnamah)
Ubur-uburnya gemesin banget (by : @dgoreinnamah)
Selesai main-main cantik bareng ubur-ubur kita snorkeling sebentar di depan dermaga Pulau Kakaban. Sebentar ajah snorkelingnya jangan lama-lama karena kita harus lanjut lagi ke Pulau Sangalaki untuk main-main sama tukik alias anak penyu.
Banyak banget anak penyu yang ada di pulau ini. Mereka semua di rawat dan akan di lepaskan kembali ke laut. Pulau Sangalaki ini adalah Pulau satu satunya dengan intensitas terbanyak untuk tempat bertelurnya induk penyu di bandingkan dengan Pulau-pulau lainnya.
Info tentang penyu
Sedikit ilmu semoga bermanfaat
Hello kamu tuh lucu banget
Para tukik yang sudah siap di lepas ke laut
Bicara soal penyu dan tukik kita sudah seharusnya ikut menjaga dan melestarikan mereka ya jangan memburu mereka. Kalau berkunjung ke penangkaran penyu atau tukik jangan kelamaan pegang mereka karena mereka bisa stres dan mati.
Hari kedua selesai ditutup dengan pelangi melingkar yang terlihat dari pinggir pantai.

Day 3
Setiap pagi di awali sarapan dengan menu yang berbeda setiap pagi. Luar biasa rasanya gak mau pulang *colek mas hari* hehhe ..

Hari ketiga kita berburu manta di sekitar Pulau Sangalaki. Sayang sekali kita kurang beruntung baru sebentar liat manta eh mantanya sudah pergi (manta loh ya bukan manta(n) hehhe) akhirnya kita snorkeling dan buru-buru kembali kepenginapan karena ada yang gak tahan mau di daratan *colek bang riza yang mabok ketika terombang ambing di laut karena ombak.
Lanjut kepenginapan untuk makan siang lalu lanjut menuju Pulau Gusung dan Scuba Diving. Saya mah sampai di penginapan malah ngejar-ngejar penyu sama rosa dan bang riza tapi sayang penyunya malah kabur yaudah main sampan ajah. Bahagia luar biasa loh :)
Siap siap kita lanjut ke pulau gusung abis makan siang. Perjalanan dari Pulau derawan ke Pulau Gusung hanya 10 menit loh. Saya pun tidak bisa menjelaskan keindahannya makanya liat ajah deh ya foto-fotonya.

Pulau Gusung Derawan
Bening banget kan airnya
Seneng banget deh kayaknya
Selesai foto-foto cantik di pulau gusung kita langsung di antar ke dive resort untuk scuba diving. Padat sekali acara kita. Aaak pokonya salut buat panitia yang udah menyiapkan semuanya dengan baik.
Scuba diving bagi yang belum pernah diving tidak masalah. Mereka memandu dan menjelaskan penggunaan alat-alat divingnya. Ini pertama kali saya mencoba scuba diving. Luar biasa yah seru dan sensinya pun bikin gak bisa tidur .. Hahhaha lebay dikit gak masalah lah.
First scuba dive
Pengarahan
Alat-alat untuk scuba dive
Scuba diving selesai kita kembali ke penginapan makan malam dan di lanjut ngobrol-ngobrol.

Day 4
Gak terasa sudah hari ke empat saja, dan tandanya harus bersiap-siap untuk pulang. Semalam sih ada rencana untuk bangun pagi-pagi buta buat liat whale shark di sekitaran Pulau Derawan. Pagi-pagi semua kamar di ketuk oleh bang daniel untuk mengajak kita melihat whale shark kayatanya ada. Sakit kepala saya kumat akhirnya memutuskan untuk diam di kamar dan menunggu mereka kembali sambil siap siap packing untuk pulang.

Setelah mereka kembali ke penginapan sebagian dari kami pulang dan sebagian lagi tetap stay untuk melanjutkan liburan mereka ke labuan cermin. Iriiiii sama yang stay pasti tambah seru liburannya.
Jam 11 sebagian dari kami yang pulang berangkat dengan speed boat menuju tanjung batu.
Bagi-bagi buku yang di bawa puspa
Di pelabuhan tanjung batu puspa berniat membagikan buku-buku yang dia bawa dari Jakarta untuk anak-anak. Bertemulah dengan anak-anak di pelabuhan Tanjung Batu, puspa dan saya yang ikut-ikutan langsung membagikan buku-bukunya. Karena saya, puspa, dan desi naik pesawat lebih dulu dari yang lain kami langsung menuju bandara.
Bonus di akhir trip
Bonus pelangi selalu hadir di akhir hari. Pelangi melingkar cantik ketika pesawat yang saya naiki terbang.
Selesaiiii deh liburan kita. Bertemu dengan teman baru memang menyenangkan. Banyak sekali pengalaman berharga yang bisa di dapat. Terimakasih banyak kepada semua panitia atas liburan yang sangat menyenangkan dan seru nya.
Semoga bisa main main lagi ke Derawan.

Salam manis buat kalian orang orang hebat yang saya temui. Semoga bisa ketemu di trip trip lainnya ..

Thanks to:

Dhaniel christian
Toni (dive guide)
Manta diving indonesia
Erwin and crew (manggaran film)
Bang juri and crew (driver speed boat)