Pesona keindahan pulau pahawang, lampung

2:30:00 PM

Selamat datang di Pulau Pahawang
Sejak awal tahun 2016 Pulau Pahawang ini menjadi primadona wisata di wilayah Lampung. Sebenarnya sudah sejak lama menjadi tempat wisata namun puncaknya sejak awal 2016 hingga saat ini banyak wisatawan mulai berdatangan.
Pulau Pahawang yang terletak di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran. Luas pulau sekitar 1.084 hektar, terdiri dari Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Dunia bawah laut Pulau Pahawang ini memiliki koral-koral yang masih lumayan utuh serta berbagai jenis ikan cantik menjadi daya tarik tersendiri.

Bagi kalian yang ingin ke Pulu Pahawang banyak cara untuk sampai ke Pulau Pahawang ini. Bisa menggunakan pesawat atau jalur darat dengan menyebrang dari pelabuhan merak ke bakahuni. Sebelumnya saya sudah pernah berkunjung ke Pulau Pahawang dan kali ini kali ke dua saya berkunjung. Semua terlihat banyak yang berubah dan lebih baik dari sebelumnya. Pengunjungnya pun semakin ramai berdatangan.
Dermaga Pulau Pahawang
View depan home stay pulau pahawang besar
Sunsetan dari depan home stay
Untuk sampai ke Pulau Pahawang dari pelabuhan Bakahuni kita naik mobil menuju pelabuhan ketapang. Perjalanan di tempuh kurang lebih 3-4 jam melewati jalan lintas sumatera. Sampai di pelabuhan ketapang pun kita harus menyebrang lagi dengan perahu tradisional dengan jarak tempuh sekitar 1 jam perjalanan laut. Lumayan panjang memang perjalanannya tapi semua akan terbayar ketika kita sampai di Pulau Pahawang.

Semua wisatawan biasanya menginap di Pulau Pahawang besar dengan menyewa home stay. Pulau Pahawang yang terbagi menjadi dua bagian yaitu Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Pahawang yang lebih besar memliki luas sekitar 1.000 hektare dan sudah dihuni lebih dari 300 kepala keluarga.
Pasir yang timbul ketika air laut surut
Rasanya gak bisa nahan buat gak basah deh 
Langitnya waw banget 
Jangan lupa bawa kasur angin untuk main air yaa
Siapa yang gak mau nyebur?
Sedangkan Pulau Pahawang Kecil berukuran sekitar 13 hektare dan tentu saja tidak berpenghuni. Pahawang Kecil wajib dikunjungi bagi kalian yang datang karena pulau ini memiliki pasir landai yang ketika air laut sedang surut, akan menciptakan jembatan pasir yang menghubungkan Pulau Pahawang Kecil dengan pulau pahawang besar di sebelahnya. Atau istilahnya adalah pasir gosong yang akan kembali tenggelam ketika sore hari atau air laut sedang pasang.

Banyak aktivitas yang bisa kalian lakukan saat berkunjung ke Pulau Pahawang, mulai dari memancing, senorkeling, hingga diving bahkan hanya ingin bermain air laut yang jernih di pinggir pantai pun bisa.

Kebetulan siang hari airnya surut jadi saya berkesempatan untuk mampir dan main-main di pasir putihnya yang panjang sampai hampir menghubungkannya dengan pulau sebelahnya. Saya pun betah main di pulau pahawang kecil. Tapi kita harus lanjut ke spot snorkling selanjutnya. Memaksimalkan kunjungan supaya gak nyesel ya kan.
Spot snorkling airnya bening banget 
Semua asik snorkeling
View bawah lautnya bagus banget
Kalau kalian gak mau repot-repot menyusun itinarary untuk ke pahawang bisa menggunakan jasa temanjalanid.com dengan paket yang ditawarkan berkisar 490.000 all in.
Atau kalau kalian bacpaker sejati bisa ke Pulau Pahawang dengan estimasi biaya sebagai berikut:
  • Pelabuhan merak - bakahuni 26.000 (pulang pergi)
  • Bakahuni - pelabuhan ketapang 800.000 (pulang pergi sewa mobil avansa atau apv)
  • Pelabuhan ketapang - Pulau Pahawnag 1.000.000 (sewa kapal sekalian untuk snorkling dan hoping island 2 hari) 
  • Penginapan di pahawang besar 600.000 satu malam (satu rumah/home stay) 
  • Untuk makan kalian 20.000 (untuk satu kali makan)
Kalian bisa merencanakan perjalanan kalian sendiri. Dan semoga bermanfaat infonya..
Yakin masih gak mau ke pahawang? 

You Might Also Like

0 komentar

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers