Oleh-oleh khas Lampung yang wajib kalian beli

12:33:00 AM

Sebenarnya mencari oleh-oleh khas lampung tidak lah sulit, karena sepanjang jalan lintas Sumatra banyak sekali penjual yang menjual oleh-oleh khas lampung terutama sebelum masuk kawasan pelabuhan bakahuni.
Untuk kedua kalinya saya berkunjung ke kota Lampung ini dan kali ini saya belanja oleh-oleh. Penasaran apa ajah sih oleh-oleh khas Lampung yang wajib banget kalian beli kalau lagi berkunjung ke kota Lampung ini, saya yang memang berniat membeli oleh-oleh langsung saja saya menuju salah satu toko yang berada di pinggir jalan lintas Sumatra dalam perjalanan pulang selepas berlibur di Pulau Pahawang.

Oleh-oleh yang tidak boleh anda tinggalkan saat berkunjung ke Lampung adalah Keripik Pisang, Kerupuk Kemplang, Sambal Lampung, dan tentu saja Kopi Lampung, bisa kopi robusta biasa, kopi durian original Lampung, atau bahkan kopi luwak dari Lampung Barat. Semuanya adalah oleh-oleh khas lampung yang harus kalian beli, sekaligus membantu untuk mengenalkan kuliner khas Lampung. Oleh-oleh yang saya beli saat saya ke Lampung yang pertama adalah keripik pisang yenyen, kerupuk kemplang ango, dan kopi bubuk merk Bola Dunia.

Keripik Pisang Yenyen 
Keripik pisang yenyen aneka rasa
Ada pula merk lain selain yenyen
Inilah produk keripik yenyen yang paling banyak diminati oleh wisatawan sebagai oleh-oleh. Kalau kalian sudah pernah ke Lampung pasti tahu produk keripik pisang yenyen yang satu ini, bahkan brand aneka yenyen ini bisa dikatakan sudah begitu melekat pada oleh-oleh lampung. Saat pertama kali saya menginjakkan kaki si Pulau Sumatera saya disambut oleh wajah keripik pisang aneka ini karena disepanjang jalan di Pelabuhan Bakauheni dan beberapa lokasi di Lampung Selatan banyak dijual Keripik Pisang Aneka. Dengan varian rasa yang beraneka macam, saya paling suka dengan rasa melon. Harganya pun berpariatif mulain dari 18.000/kantong keripik, cukup terjangkau kan. Ada pula merk kripik lain selain keripik pisang yenyen.

Kerupuk Kemplang 
Kerupuk kemplang ango
Kemplang adalah makanan familiar orang sumatera, terutama masyarakat yang menempati daerah sumatera bagian selatan. Kemplang menjadi makanan merakyat yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Oleh sebab itulah kemplang menjadi makanan yang masih terus eksis hingga saat ini. Jika kaliam pergi ke Sumatera kalian akan menemukan makanan sejenis kerupuk ini banyak dijajakan di pinggir jalan mulai dari Provinsi Lampung hingga Provinsi Sumsel dan Daerah-daerah lainnya.

Salah satu produsen kemplang yang ada di lampung adalah "Kemplang Ango Khas Lampung" produksi asli bandar lampung. Kemplang yang dibuat dengan bahan dasar utama sagu, ikan, telur, dan garam ini memiliki rasa gurih dan sangat enak. Jujur saya memang suka sekali dengan keripik kemplang. Kerupuk kemplang ango ini sangat diminati karena termasuk kedalam kerupuk kempalng terbail dan terenak di lampung. Tentunya sudah tersebar banyak di wilayah lampung sehingga memudahkan wisatawan atau masyarakat untuk membelinya. Hal ini tentu karena dari segi kualitas yang membuat orang menyukai produk kempang ini. So... langsung beli Yuk kemplang ango khas provinsi Lampung 

Kopi Merk Bola Dunia
kopi bubuk bola dunia
Selain dua makanan di atas, Lampung juga punya kopi khas yang wajib banget kalian coba. Kopi bubuk khas lampung ini bermerk Bola Dunia. Aroma dan arasanya yang khas menjadikan kopi ini sangat di cari oleh wisatawan sebagai oleh-oleh atau masyarakat sekitar untuk di konsumsi sendiri. 
Kopi Bubuk Sinar Baru, Cap Bola Dunia menjadi salah satu usaha kopi bubuk tertua di wilayah Lampung yang masih bertahan hingga saat ini. 

Jadi udah kebayang mau beli oleh oleh apa buat orang yang kamu sayang? 

You Might Also Like

3 komentar

  1. Gan, kalo ke Lampung jangan lupa mampir ke toko Aneka Sari Rasa, toko oleh-oleh Lampung terbesar di Lampung nih, yang menjual produk-produk lampung hasil produksi sendiri seperti keripik pisang, sambal, dll. Aneka Sari Rasa beralamat di JL.Ikan Kakap no.26 & 28, Bandar Lampung, Depan Klenteng Teluk Betung. telp. (0721)-5630988, fax. (0721)-5630988, WA: 082388688868, IG: @anekasarirasa, email: anekasarirasa@yahoo.com, fb: aneka sari rasa, twitter: @anekasarirasa.

    ReplyDelete
  2. yuk mari dateng ke lapak kite, tempat oleh-oleh Lampung terbesar di JL.Ikan Kakap no.26 & 28, Bandar Lampung, Depan Klenteng Teluk Betung. telp.(0721)-5630988, fax.(0721)-5630988, WA:082388688868, IG:@anekasarirasa, email:anekasarirasa@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya, Ada info juga nih buat yang baca : sudah hadir pusat oleh-oleh Lampung terbesar Aneka Sari Rasa yang terjamin dan terpercaya, kalian ragu? Dateng aja ke lapak kite di Jl.Ikan Kakap No.26 & 28, Teluk Betung, Bandar Lampung. telp.(0721)-5630988. http://anekasarirasaoleholehlampung.blogspot.co.id http://anekasarirasa.blogspot.co.id http://ririskagultom.blogspot.co.id http://pujiaku.blogspot.co.id http://bernardinusap.blogspot.co.id http://usahakanaku.blogspot.co.id http://apelaja.blogspot.co.id

    ReplyDelete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers