Main main di istana nemo, pulau pahawang lampung

4:11:00 PM

Ikan nemo adalah salah satu ikan hias yang hidup bersama anemon. Ikan yang memiliki warna yang cerah dan corak yang sangat menarik menjadikan ikan ini sangat di buru dikalangan pecinta ikan hias. Dan merupakan ikan yang sangat terkenal di kalangan masyarakat. 

Ikan nemo adalah ikan hias yang bernilai ekonomis. Ikan ini sudah di perjual belikan bahkan sampai di exspor ke luar negeri. Akibatnya ikan ini semakin terancam keberadaannya di sebagian wilayah indonesia karena banyak yang memburu dan menangkapnya untuk di jual. 
Taman laut yang di buat warga sekitar pulau pahawang untuk para wisatawan
Ikan Nemo mempunyai beberapa penamaan popular sehingga terkadang membingungkan.  Dikalangan pencinta ikan hias, ikan ini biasa disebut ikan badut atau ikan giru.  Para penyelam menyebutkan ikan nemo karena ikan ini  hidup bersimbiosis dengan rumahnya yakni anemon. Dikalangan Peneliti ikan ini lebih dikenal dengan sebutan  Clown fish atau ikan amphiprion.
Hello nemo
Pelestarian nemo
Ikan Nemo mempunyai perilaku  dengan menghabiskan sebahagian besar hidupnya di celah-celah tentakel anemon  dan  di sekitaran anemon.   Wilayah tersebut merupakan  daerah teritorialnya dan mereka akan mempertahankan dari predator dan  hewan penggangu lainnya. Jika anemon berpindah tempat maka mereka  juga ikut berpindah tempat. 

Anemon adalah hewan laut dan dalam klasifikasi taksonomi  termasuk dengan kelas Anthozoa bersama dengan terumbu karang. Anemon  dapat dijumpa hidup dicelah-celah karang dan substrat berpasir.   Lebih dari seribu sepesies   yang tersebar di seluruh perairan laut di dunia. Dari sekian banyak spesies tersebut, tidak semua  menjadi habitat bagi ikan nemo. Hanya terdapat beberapa  spesies ikan ini yang dapat didiami oleh ikan nemo.
Hello nemo jangan ngumpet dong
Wisata taman nemo lampung
Hello kamu cantik sekali dan narsis pula
Bagi para penyelam yang hobi fotografi bawah laut, nemo merupakan salah satu biota favorite  untuk  selalu masuk dalam bidikan lensa kamera mereka. Termasuk saya sangat senang bila snorkling saja bisa melihat ikan nemo dan anemon nya. Karena saya memang tidak bisa menyelam atau freedive. 

Untuk bertemu ikan nemo langsung di habitatnya tidak perlu bersusah payah. Di Pulau Pahawang ini banyak sekali taman nemo yang sengaja di buat untuk tujuan wisata. Wisatawan bisa melihat ikan nemo dan anemonya melalui snorkling. Banyak sekali spot yang sudah di sediakan di sekitar perairan pulau pahawang. Tapi ingat yah tidak boleh di tangkap. Setiap spot yang di sediakan di sekitar pulau pahawang di jaga dan di rawat. Makanya kita di minta biaya perawatan dan pelestariannya seikhlasnya sih sebenernya. Tapi terkadang mereka menentukan untuk satu perahu sekitar 20.000.

Semua foto ikan nemo beserta anemonya ini saya dapat ketika berkunjung ke Pulau Pahawang dengan berbagai macam spot. 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Ikan nemo alias ikan badut selalu menggemaskan dimanapun mereka berada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah emang ngegemesin bgd ikan yang satu ini. Lucu banget mau di bawa pulang tapi gak boleh .. hehhe

      Delete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers