Berkeliling hutan mangrove dengan perahu sampan di Pulau Pari

10:03:00 PM

Pulau pari merupakan salah satu kabupaten di wilayah Kepulauan Seribu Selatan yang menawarkan pesona keindahan pantai pasir perawannya. Untuk mencapai Pulau Pari membutuhkan waktu 2,5 jam dari Jakarta dengan menggunakan perahu tradisional.
Hutan Mangrove di Pantai Pasir Perawan Pulau Pari
Siapa yang tidak menganal Pantai Pasir Perawan, Pulau Pari yang ada di gugusan Kepulauan Seribu?

Pantai Pasir Perawan Pulau Pari ini menjadi salah satu destinasi favorite wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pari. Pasir pantainya putih dan halus  memang menjadi ciri khas pantai pantai di Kepulauan Seribu. Pantai berpasir putih memang sudah tidak asing lagi kita temui kalau berkunjung ke wilayah Pulau Seribu. 

Selain pesona Pantai Pasir Perawan, Pulau Pari juga menawarkan tempat wisata yang berbau alam, yaitu hutan mangrove. Hutan mangrove yang terbentuk secara alami kemudian di kelola oleh warga sekitar untuk di jadikan tempat wisata bagi para wisatawan dengan berkeliling hutan mangrove tersebut menggunakan sampan. 
Saya yang kepingin banget keliling hutan mangrove naik sampan akhirnya bisa terlaksana. Yeee akhirnya bisa naik sampan keliling hutan mangrove dengan tarif 15.000/orang, jauh lebih murah di bandingkan harus berkeliling hutan mangrove di Pantai Indah Kapuk yang tarifnya ratusan ribu. Maklum kita kan traveler gak banyak uang.

Apa sih Hutan Mangrove atau Hutan bakau itu?
Hutan mangrove atau Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di air payau dan di pengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh di sekitar muara sungai atau teluk-teluk yang terlindungi dari gempuran ombak. Ekosistem hutan bakau ini bersifat khas, baik karena adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya abrasi tanah, salinitas tanah yang tinggi serta mengalami daur penggenangan oleh pasang surut air laut. Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat semacam ini, dan jenis-jenis ini kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi dan evolusi .

Salah satu lorong yang ada di hutan mangrove
Perahu sampan mulai menjelajahi setiap lorongnya
Hutan mangrove memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat yang paling penting yaitu fungsi ekologisnya sebagai pelindung pantai, habitat berbagai jenis satwa dan tempat pembesaran (nursery ground) banyak jenis ikan laut.

Salah satu fungsi utama hutan bakau adalah untuk melindungi garis pantai dari absrasi atau pengikisan, serta meredam gelombang besar termasuk tsunami (info yang saya dapat dari google). 
Yuhuuu narsis terus
Ayo kita keliling dengan sampan
Pas sambil menikmati sunset
Selamat berkeliling dengan sampan
Hutan mangrove di Pantai pasir perawan Pulau pari cukup luas karena terdapat tiga trowongan yang bisa kita lalui. Masing masing trowongan memiliki bentuk yang berbeda-beda. Ketika memasuki trowongan kita seperti berada di tengah-tengah hutan mangrove yang memiliki kerimbunan cukup tebal. Nah waktu yang cocok untuk berkunjung atau mengelilingi hutan mangrove ini ya saat air laut pasang. Karena saat surut perahu sampan tidak bisa berjalan atau di dayung. 

Saya di ajak mengelilingi tiga trowongan dengan perahu sampan milik warga sekitar. Bagi saya sangat menyenangkan sekali karena selain pantai kita juga bisa menikmati berkeliling Hutan mangrove. Menarik bukan? Ayo kita keliling hutan mangrove dengan menggunakan perahu sampan. 

You Might Also Like

0 komentar

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers