Backpacker ala ala ke Situ Gunung, Sukabumi

8:46:00 PM

Wah ternyata udah lama gak nulis, jangankan nulis nengok pun engga.. hahha kebayang kan postingan terakhir aja di tahun lalu. 

Galau itu kadang ngebuat orang tanpa arah, seperti tujuan kali ini yang memang tanpa arah sebelumnya. Sampai akhirnya berujung ke wilayah Sukabumi. Dadakan booking tiket tapi semua tiket kereta Bogor-Sukabumi pun habis tak tersisa memang bertepatan long weekend. 

Zaman sudah semakin canggih maka kami mencari info tempat asik untuk camping ceria yang gak perlu hiking terlalu panjang dan lama. Google pun menunjukan kami tempat yang memang menakjupkan. Situ gunung nama tempatnya. Danau yang ada di dalam kawasan Situ gunung menjadi pilihan saya. Menikmati sunrise di tepian danau dengan pemandangan puncak Gunung Gede dan Pangrango. 

Selamat Pagi Dari Danau Situ Gunung

Situ Gunung terletak di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, dan masih merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. 

Bermodal nekat karena kereta tujuan Bogor-Sukabumi sudah habis semua. Setelah naik KRL dan berakhir di St Bogor kami masih penasaran dengan tiket kereta tujuan Sukabumi, alhasil kami pun berjalan menuju stasiun bogor palegan ternyata memang habis. Tanpa membuang banyak waktu kami langsung naik angkot tujuan ciawi yang menurut info hanya satu kali naik angkot. Ternyata harus nyambung angkot lagi supaya sampai di ciawi, dari ciawi naik elf tujuan Sukabumi. Jangan kaget ya emng keadaan elfnya seperti itu. 

Kami di ajak muter-muter melewati jalur alternatif karena jalur umum macetnya minta ampun katanya. Saya mah pasrah saja yang penting sampai di pos polisi cisaat tepat waktu. Perjalanan Bogor-Sukabumi kami tempuh dengan lama perjalanan 4 jam. Sampai di pos polisi cisaat hujan deres mengguyur. Kami langsung naik angkot merah yang akan menghantarkan kita ke pintu gerbang Situ Gunung. 

Penunjuk arah Situ Gunung jelas terlihat di pertigaan Cisaat
Tiket masuk kawasan Situ Gunung update February 2016
Hujan semakin deres dan waktu semakin sore. Jam 4 kami sampai di gerbang Situ Gunung dan di minta membayar tiket seharga 32.000 untuk satu orang berkemah di camping ground yang di sediakan. Yang membuat saya bingung di tiket tertera jelas untuk camping satu orang itu 27.500 tapi kenapa di minta oleh petugas 32.000/orangnya. Alasan petugas untuk kebersihan dan segala macem. Jujur kecewa sih sama petugas macem kaya gini. Tapi yasudahlah mau gimana. 

Kami bertanya camping groudnya di sebelah mana kepada petugas penjaga loket  mereka memberi info dan menyarankan kita untuk camping di belakang ruang informasi. Sebetulnya kami ingin camping di pinggir danau tapi tidak di perbolehkan. Akhirnya kami memutuskan untuk mendirikan tenda di area camping ground di tegal bagendor yang tidak terlalu jauh dari pusat informasi dan toilet. Biasa namanya wanita kan suka beser jadi pilih tempat yang aman saja.

Petunjuk untuk arah camping ground sangat jelas
Hotel bintang 5
Area Camping Ground di Situ Gunung cukup banyak dan luas. Semua sudah di lengkapi dengan fasilitas toilet. Bagi yang ingin camping dan tidak membawa alat camping jangan khawatir. Petugas di Situ Gunung menyiapkan alat camping lengkap untuk disewakan dan kita bisa menyewanya. Untuk harga kami tidak tau karena memang kami membawa alat camping sendiri. 

Kami fikir hanya kami yang camping, tapi semakin malam semakin banyak yang datang untuk camping. Mengertilah kalau saya ini sedikit agak beda dengan yang lain. hahha 
Begitu saya rasa tidak cocok bangun tenda ya jangan sampai nekat bangun tenda. Ketika saya rasa cocok okeh langsung dirikan tenda karena kalau engga saya bisa tidak tidur semalaman karena hal hal aneh. Tapi untungnya saya bisa tidur nyenyak sampai pagi.

Besok harus bangun pagi untuk melihat sunrise di danau. Okeh bangun pagi dengan mata yang sedikit masih susah untuk melek. Kami langsung siap-siap ke area danau. Menuju danau dari tempat camping ground hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit berjalan kaki. 

Sampai di area danau langsung di buat takjub dengan pemandangan sekitar yang luar biasaaa bikin rindu ranukumbolo. serius ... 

Perahu sampan yang disewakan, kita bisa naik dengan membayar 20.000/orang
Selamat pagi dunia
viewnya bikin betah
narsis mah jangan lupa ya .. hehhe
Sambil menikmati pemandangan kurang rasanya kalau tidak foto-foto. Pemandangan sekitar yang membuat hati menjadi sejuk. Udaranya pun tidak terlalu dingin di bandingkan dengan kawasan curug seribu yang cukup membuat saya menggigil. Disini sama sekali tidak menggigil. Di kawasan danau banyak warung yang berjualan, ada mushola dan toilet yang tidak terawat.

Matahari semakin tinggi tandanya kami harus siap-siap kembali ke camping ground dan beres-beres untuk kembali ke jakarta. 

Nah kalau kalian ingin backpackeran seperti kita yang naik turun angkot ini rinciannya kalu dari jakarta : 
  • Naik KRL tujuan bogor 7.000,
  • Naik angkot 03 dari depan stasiun sampai terminal baranang siang 4.000,
  • Naik elf dr terminal jurusan bogor-sukabumi sampai pertigaan Cisaat 25.000,
  • Atau pilihan lain naik kereta (Bogor palegan - Sukabumi) 25.000,
  • Naik angkot merah ke arah Situ Gunung 10.000,
  • Tiket masuk kawasan untuk camping 32.000 2D1N.
*diluar makan
Untuk makan kita bisa membawa bahan makanan dari rumah atau ingin beli pun bisa. Karena banyak warung di kawasan ini.

Jadi tidak mahal kalau ingin camping ceria di Situ Gunung cukup mengeluarkan uang +/- 78.000/orang untuk pulang pergi Jakarta - Situ Gunung.  di luar biaya tak terduga ya :)

Update february 2016
Semoga Bermanfaat :))

You Might Also Like

18 komentar

  1. Ga main ke Curug Sawer-nya, dulu saya camping ceria di camping ground dekat Curug Sawer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga kak ..soalnya kebetulan aku emang cuma mau main ke situ gunungnya ajah ... baca2 dan ternyata bagus banget.

      Delete
  2. Replies
    1. Hahha woww .. galau kenpa? Engga galau lagi kok

      Delete
  3. Wooww.. thank u mbak Indah.. infonya bermanfaat bgt..saya mmg berencana mau membawa anak2 utk camping ke situ gunung..pgn bawa anak2 bertualang dan lbh dkt dg alam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai arantxa ,,
      wah ide bagus dan aku rasa tempatnya emang cocok banget untuk anajk anak dan keluaga .. gak perlu repot repot karena di sana juga menyediakan penyewaan tenda. selamat berlibur

      Delete
  4. Wooww.. thank u mbak Indah.. infonya bermanfaat bgt..saya mmg berencana mau membawa anak2 utk camping ke situ gunung..pgn bawa anak2 bertualang dan lbh dkt dg alam...

    ReplyDelete
  5. hii terima kasih banyak.. artikel nya bermanfaat sekali...kebetulan sya memiliki hobi hiking dan backpacker..dan sy sangat tertarik untuk berlibur ala backpacker disela sela kesibukan bekerja..apa mba gabung komunitasnya?kalau boleh saya join komunitas ?

    salam lestari

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama kak anggoro seneng bisa berbagi informasi ..
      aku gak ikut komunitas kak ,, paling kalau mau backpackeran ya ajak temen temen terdekat ajah ..

      Delete
  6. Wah tiketnya lebih murah dr ane, ane kena 32.500 + 7.500 = 40.000 untuk camp disana, gile bener, pdhl itu trip 2015

    Kenapa gak di deket curug sawer? padahal asik tuh bray.
    mampir juga ya ke catatan perjalanan ane di situ gunung, sukabumi. Kali aja kita bisa ngetrip bareng hehe
    http://www.kaskus.co.id/thread/55634e5b108b466f1e8b4567/fr-jalan-jalan-bareng-kasterid---situ-gunung-sukabumi-quotngecamp-asikquot

    ReplyDelete
  7. Hallo~ kak, mau tanya... kalau saya mau kesana main ke Danaunya aja ga Kemping bisa kan ya? atau udah paketan gitu/? ? Terima Kasih ^^~

    ReplyDelete
  8. Halo...halo...halo....
    Tanya donk...dsn emank ga ada penginapan ya>? harus camping gtu ?
    Plan mau ksn hihihi...

    ReplyDelete
  9. iya ya kebanyakan kemping. yg gak kemping gak ada kah?

    ReplyDelete
  10. Ka Indah, klau disitu boleh gk dtng ngcampnya mlm2? Soalnya kita niatnya mau ksna tpi hbs balik kerja jdi otomatis ampe sna mlm.

    ReplyDelete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers