Main-main ke Sunda Kelapa tempat hits yang instagram banget

6:52:00 PM

Ketika sebulan full ngak ada tawaran ngeguide, akhirnya tiap weekend cuma bisa keliling jakarta. Keliling jakarta pun gak kalah seru dari ngeguide di gunung atau di laut loh. Hampir beberapa akhir pekan ini saya berkunjung ke tempat-tempat bersejarah di kota Jakarta. Ternyata menyenangkan banget, sambil belajar foto. Sebelumnya saya berkunjung di kawasan museum Bank indonesia. Kali ini saya berkunjung ke Pelabuhan sunda kelapa. Pelabuhan sunda kelapa yang mulai hits di kalangan anak-anak instagram, membuat saya penasaran ingin kesana. Karena memang sebelumnya saya belum pernah kesana. Jadi malu 24 tahun tinggal di Jakarta baru pertama kesini. Mungkin waktu sekolah pernah, tapi lupa. 
Kapal-kapal besar terparkir
Pelabuhan Sunda Kelapa yang letaknya di Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Menyimpan banyak sejarah sekaligus menjadi saksi bisu terbentuknya kota Jakarta. 

Konon, Pelabuhan Sunda Kelapa sudah berdiri sejak abad ke-5 di masa kejayaan Kerajaan Tarumanegara. Saat itu pelabuhan yang di era modern ini menjadi bagian dari Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara masih bernama Kalapa, travelers. Trus waktu Kerajaan Tarumanegara runtuh akibat serangan Kerajaan Sriwijaya, Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi milik kerajaan penerusnya, yaitu Kerajaan Sunda.
Di abad ke-12 Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi pelabuhan yang cukup sibuk dan telah didatangi para pedagang dari India, Tiongkok, Jepang dan Timur Tengah. Lada, kopi, sutra, anggur dan kuda adalah komoditas yang ramai diperdagangkan di pelabuhan ini. Di masa pendudukan Pelabuhan Sunda Kelapa menjadi bahan perebutan antara Portugis, Belanda dan orang-orang Demak-Cirebon.
Pasukan gabungan antara Kerajaan Demak-Cirebon bermaksud mengusir Portugis yang datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa atas undangan Raja Sunda. Pada tanggal 22 Juni 1527 pasukan Demak-Cirebon yang dipimpin Fatahillah berhasil mengusir Portugis. Kemenangan itu ditandai dengan mengubah nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta, sebuah istilah dalam bahasa Sanskerta yang berarti ‘ kemenangan yang berhasil didapatkan melalui usaha atau perbuatan’.
Tapi sayang Fatahillah tidak berhasil mempertahankan Pelabuhan Sunda Kelapa dari serbuan VOC. Pada 30 Mei 1819 Jayakarta berhasil direbut dan dihancurkan oleh Jan Pieter Zoen Coen, yang kemudian membangun kota baru di atasnya bernama Batavia. Belanda menguasai Batavia dan Pelabuhan Sunda Kelapa selama 300 tahun sampai terjadinya Proklamasi Kemerdekaan di tahun 1945.

Begitulah cuplikan cerita sejarahnya Pelabuhan Sunda Kelapa. Saya dan chairul lanjut berkeliling pelabuhan. Banyak bapak-bapak yang menawarkan pengunjung naik sampan keliling pelabuhan, harganya pun berfariasi. Setelah tawar menawar akhirnya deal. Cukup 30.000 untuk dua orang, kami langsung mengiyakan tawaran bapak tua itu untuk berkeliling menggunakan sampannya. Dari sampan kita di ajak berkeliling sampai ke ujung pelabuhan. Kita bisa menikmati pemandangan kapal-kapal yang di parkir. Aktifitas bongkar-muat, perbaikan kapal bahkan ada yang membersihkan kapal. Katamya kapal-kapal ini mengirim barang ke beberapa wilayah di Indonesia misalnya kalimantan dan sebagainya. Gak kebayang deh berhari-hari di tengah samudera. 
Sampan yang sudah siap mengajak berkeliling
Kita harus melewati lorong antara kapal-kapal besar yang di parkir
Naik sampan
Kondisi pelabuhan Sunda Kelapa memang banyak sekali kapal-kapal kayu besar yang bersandar. Kita juga akan melihat banyak truk yang parkir di pinggir dermaga untuk membongkar dan memasukan muatan. Banyak pula wisatawan yang datang untuk berfoto-foto dan melihat langsung kapal-kapal kayu yang besar, terutama di hari libur atau di akhir minggu. Ayoo berkunjung ke Jakarta, Bisa berwisata sekaligus menyaksikan peninggalan sejarah masa lalu. 
Seperti berada di masa lampau
Hello temanjalan..
Truk yang sudah selesai di bongkar
Senja memang selalu indah
Untuk sampai ke kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa bisa kita tempuh dengan naik motor hingga dengan bus atau angkutan umum. Nah kalau kalian menggunakan angkutan umum bisa naik anggot 05 jurusan Kota Tua - Tanjung Priok dari Stasiun kota (beos) lalu turun di depan pelabuhan Sunda Kelapa. Karena memang terletak masih satu kawasan di Kawasan Wisata Kota tua.

Suasana Pelabuhan Sunda Kelapa akan semakin antik ketika matahari sudah mulai terbenam. 

You Might Also Like

10 komentar

  1. Aku pernah main ke Pelabuhan Sunda Kelapa waktu masih kecil banget tapi, sama ayah yang waktu itu jadi pemandu untuk anak - anak muridnya yang lagi belajar tentang sejarah Jakarta.

    Kayaknya harus kesana lagi nih.

    Salam
    Catur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak catur ..
      Wahh wajib bgd ke sana lagi kak .

      Buat hunting foto seru bgd tempatnya.

      Delete
    2. Hallo kak catur ..
      Wahh wajib bgd ke sana lagi kak .

      Buat hunting foto seru bgd tempatnya.

      Delete
  2. Kkkeerreeennn travel sumatra ke danau kaco pasti takjub

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau banget ke danau kaco .. tapi apalah daya kak allah belum mengizinkan (:

      Delete
  3. Kayaknya gue belom kesini ia apa sudah ia tapi lupaaa...kayak pernah sekali motret2 bareng2 sama temen2 FN ahh tapi lupaaaa haaaa.


    Sharing yang bagus mbak..salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupa ya sudah pernah atau belum kesini ..
      hehhe

      iyah makasih kak ..
      berbagi kan lebih baik :))

      Delete
  4. Halo.
    kami dari mulia tour sumedang-jabar.. boleh ngga kami minta nomor hp atw pin bb nya. untuk keperluan nanti jika ada trip jakarta dan membutuhkan gueding
    Trim's

    Aan Suhendar
    Hp. 085221836800

    ReplyDelete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers