Belajar sejarah melalui jalan-jalan ke museum Bank Indonesia

9:56:00 AM

Tampak Luar Museum Bank Indonesia
Job ngeguide lagi libur beberapa minggu ini. Keinginan untuk main-main ke museum pun segera terlaksana. Karena di hari minggu pun museum di buka untuk umum. Museum Bank Indonesia yang terletak tidak terlalu jauh dari tempat tinggal saya. Maka saya memutuskan untuk menggendarai motor. Museum Bank Indonesia ini berada di kawasan Kota Tua Jakarta, selain Museum Bank Indonesia di kawasan Kota Tua Jakarta banyak Museum-Museum lainnya. Museum Bank Indonesia terletak di jalan Pintu Besar Utara No 3, Jakarta Barat. Tepatnya di depan stasiun Jakarta kota. Museum ini awalnya merupakan sebuah rumah sakit binnen Hospital, lalu digunakan menjadi sebuah bank. Yaitu De javasche bank pada tahun 1828 lalu setelah kemerdekaan pada tahun 1953, Bank ini dinasionalisasikan menjadi Bank Sentral Indonesia atau Bank Indonesia. Tidak lama yaitu tahun 1962 Bank Indonesia pindah ke gedung yang baru. Gedung ini dibiarkan kosong namun dewan Gubernur Bank Indonesia menghargai nilai sejarah yang tinggi atas gedung tersebut, sehingga memanfaatkan dan melestarikan nya menjadi museum Bank Indonesia. Museum ini diresmikan pada tanggal 15 Desember 2006 oleh Gubernur Bank Indonesia Burhanuddin Abdullah (Sumber : google) 
Loket Pembelian tiket
Tiket masuknya full colour
Tiket masuk Museum Bank Indonesia relatif sangat terjangkau yaitu 5.000/orang untuk umum. Berbeda dengan pelajar yang relatif lebih murah. Sebelum masuk kedalam Museum kita di sarankan membeli tiket terlebih dahulu dan menitipkan tas. 
Dari awal pintu masuk kita sudah di arahkan untuk mengikuti alur yang sudah di atur. Lebih enak dan bisa menjelajah keseluruhan isi di dalam Museum sampai pintu keluar.

Desain interior didalam museum
Semuanya terlihat lebih rapih
Yang pertama kita lihat ketika memasuki ruangan adalah ruangan teater di mana kita bisa menyaksikan film tentang pencetakan uang, pendistribusian uang, dan proses kerja di Bank Indonesia. Teater ini umumnya hanya diputar jika ada rombongan tapi jika pengunjung terlihat jumlahnya cukup banyak maka akan dibuka, dan tunggu saja  pengumuman dari pengeras suara yang menginformasikan bahwa akan ada pemutaran video di teater. Sayang sekali pas saya kesana tidak ada pemutaran film di teater. 
Ketika saya keluar dari kawasan teater saya memasuki ruangan museum yang ber AC dan terlihat makin moderen dengan interior yang cukup cantik. Didalam ruangan ada settingan dermaga di Batavia tempo dulu ada setting nasabah Belanda sedang menyetor uang dan banyak lagi kegiatan perbankan.

Masih didalam Museum
Replika emas batangan yang ada di dalam ruangan berangkas
contoh uang zaman dulu yang saya lihat dari kaca pembesar
ruangan speciment alat tukar menukar zaman dulu
Selanjutnya saya berjalan terus sambil menyaksikan koleksi-koleksi yang dimiliki oleh Bank Indonesia lainnya. Bukan cuma koleksi yang bisa kita saksikan, kita juga bisa menyaksikan berikut dengan sejarahnya secara lengkap. Semuanya terlihat lebih modern dan tertata dengan lebih rapi. Saya lanjutkan perjalanan lebih dalam dan saya menemukan ruang berangkas yang terbuat dari pintu baja, mirip dengan yang ada di museum Bank Mandiri. Di Museum Bank Indonesia ini ruangannya lebih kecil. Didalam ruangan berangkas ini kita bisa melihat tumpukan emas di dalam kaca. 

Ada ruangan numismatic collection yang memberikan informasi sejarah alat tukar menukar. Semua tertata rapi lengkap dengan kaca pembesar agar pengunjung dapat melihat lebih jelas lagi. Seakan tidak habis-habisnya sampailah saya di ruangan tengah museum. Betapa megahnya musium ini terlihat dr lantai 2 ruangan.

View dari lantai dua museum

Selesailah jalan jalan di hari minggu yang singkat dan penuh ilmu. 
*Anak Muda yang cerdas jangan jalan-jalannya ke mall terus. Coba ke museum* ehh ..hehehe 

Jika kalian mau ikutan berkunjung keMuseum Bank Indonesia berikut informasi yang bisa saya sampaikan. 

Waktu kunjungan
Senin - jumat : 08.00 - 15.30 WIB
Sabtu - Minggu : 08.00 - 16.00 WIB

Alamat Museum 
Facebook : Museum Bank Indonesia 
Twitter : @MuseumBI

Jl. Pintu Besar Utara No.3 
Jakarta Barat - Indonesia 
Telp. 6221-2600158
Fax. 6221-2601730

You Might Also Like

0 komentar

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers