Hutan Pinus Curug Seribu yang Fotojenik.

11:17:00 PM

Hutan pinus
Bosan dengan kemacetan Ibukota? atau bosan pergi ke tempat wisata yang ramai? Buat warga Jakarta jangan khawatir, tidak perlu jauh-jauh ke Bandung atau tempat wisata yang letaknya jauh dari jakarta. Dikaki gunung salak, tepatnya di bogor ada wisata air terjun yang cukup terkenal, Curug seribu namannya.

Curug Seribu ini sering di datangi wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun alami. Namun ada pula kawah dan bumi perkemahan dan beberapa air terjun, seperti Curug cihulang, Curug ngumpet, Curug seribu, Curug cigamea dan banyak lainnya. Tapi kali ini saya hanya bercerita tentang perjalanan saya foto-foto unyu di hutan pinusnya saja.

Libur lebaran kemarin saya dapat kesempatan untuk berkunjung ke kaki gunung salak. Dari jakarta hanya membutuhkan waktu 3 jam dengan menggunakan motor.

rimbunnya pepohonan di TNGHS
Sampailah saya di pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dan harus membayar retribusi sebesar Rp 25,000,- untuk 2 orang dan satu motor. 
Saya sarankan untuk meminta karcis resmi sejumlah orang yang masuk karena ini adalah salah satu tanggungjawab kita sebagai pejalan untuk membayar kontribusi resmi ke negara dalam bentuk PNBP (pendapatan negara bukan pajak). Terlalu banyak Praktek punggutan tanpa karcis tentu saja akan menguntungkan si oknum penjaga karena uang akan mengalir ke kantongnya. Jika kalian minta karcis, maka setidaknya jumlah dan nomor karcis yang keluar bisa dijadikan alat kontrol untuk mengetahui jumlah pengunjung yang datang.

Pohon pinus perjajar rapih
Santai di rimbunnya hutan pinus 
dengan Samsung NX 3000
Nanti di hapus kok
Hasilnya saya punya banyak foto tapi hanya di hutan pinus. Saya memang sebelumnya sudah pernah ke Curug Seribu, untuk kali ini saya hanya tertarik dengan hutan pinusnya saja. Boleh di coba untuk kalian yang tidak punya liburan panjang dan cukup sibuk. Tidak harus menghabiskan uang banyak loh.
Atau jika ingin mengajak keluarga berlibur curug seribu ini bisa menjadi alternatif. selanjutnya saya sih maunya camping di hutan pinus sepertinya akan lebih asyik..
Lokasi curug Seribu dapat digapai dari Bogor kota atau Parung Panjang. Namun tidak ada trayek kendaraan umum yang sampai di kawasan wisata Gunung Salak. Solusinya bisa sewa angkot dari Stasiun Bogor dengan tarif standar per hari sekitar Rp.500.000 PP (all in, tidak termasuk retribusi masuk obyek wisata) atau sewa angkot dari Stasiun Parung Panjang dengan tarif sekitar Rp. 450.000 PP (all in, tidak termasuk retribusi masuk obyek wisata). Jarak tempuh di akhir pekan tidak bisa diprediksi karena kemacetan, meskipun dilihat dari peta, akses dari kota Bogor lebih nyaman dan jalan yang dilalui lebih bagus dibandingkan akses dari Parung Panjang.

You Might Also Like

7 komentar

  1. Kece nih yg punya blog... Mau tanya, kepulauan seribu yg recomended buat snorkling pulau apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak ryan juga kece ..

      semua pulau di pulau seribu bagus kok buat snorkling 😀

      Delete
  2. woow kemarin sempet ke curug seribu cuma ga tau kalo ada hutan pinusnya hih nyesel :( nice info kak

    ReplyDelete
  3. wah sayang banget kak ..
    padahal dr pintu masuk gak jauh loh ..

    lain kali harus coba .. hehhe

    ReplyDelete
  4. Patut di coba jg curug di seberang curug ngumpet... namanya lupa. Pengunjungnya lebih sedikit seolah punya kolam pribadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih kak fery recomendasinya .. nnti aku coba ah..

      Delete
  5. Patut di coba jg curug di seberang curug ngumpet... namanya lupa. Pengunjungnya lebih sedikit seolah punya kolam pribadi.

    ReplyDelete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers