Tolong Jangan Petik Edelweis

11:19:00 PM

Pernah naik gunung? pernah liat bunga edelweis? tau gak kalau bunga itu gak boleh di petik? sebenarnya saya gak suka kalau ada pendaki abal-abal yang sok naik gunung tapi malah ngerusak alias metik bunga secantik ini. 
Tolong Jangan petik bunga ini
Siapa sih yang gak tau bunga secantik ini. Bunga edelweis sering di sebut bunga abadi. Bunga edelweis asli atau yang sering disebut dengan Everlasting Flower sebenarnya adalah bunga Leontopodium yang hanya ada di pegunungan alpen, bukan bunga Edelweis Jawa atau Anaphalis javanica. Tapi apa daya sudah terlanjur, karena bunga ini yang sebenarnya bunga adalah serbuk kuning yang dalam waktu 1 - 3 hari setelah mekar akan rontok dan menyisakan kelopak bunganya saja.

Kelopak bunga yang tahan lama inilah yang sering 'dicolong" oleh para pendaki gunung. Dan mereka pun akhirnya kecolongan karena hanya membawa kelopak bunga abadi. Bunga Edelweiss merupakan spesies tanaman berbunga endemik yang banyak ditemukan di daerah pegunungan di Jawa, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan Lombok.

Bunga Edelweiss yang menyukai sinar matahari penuh ini dalam ukuran dewasa dapat mencapai 8 meter tingginya, tapi pada umumnya hanya mencapai tinggi kurang dari satu meter. Bunga edelweiss umumnya terlihat antara bulan April – Agustus, dimana pada sekitar akhir Juli – Agustus merupakan fase mekar terbaiknya. Dan dilihat dari bentuknya bunga ini sangat indah. 

Bunga abadi ini terhitung sudah hampir punah. karena semakin jarang sekali kita temui. Penyebab inilah kita harus melestarikan bunga edelweis ini. 
Kini Taman Nasional Gunung Gede Pangrango diklaim sebagai tempat perlindungan terakhir bunga abadi ini. Di sini terdapat hamparan bunga edelweis yang tumbuh subur di alun-alun Suryakencana sebuah lapangan seluas 50 hektar di ketinggian 2.750 meter di atas permukaan laut. 

Para pendaki yang dengan seenaknya memerik bunga edelweis di anggap bukan pendaki sejati.

You Might Also Like

1 komentar

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers