Terhipnotis cantiknya hutan mati Gunung Papandayan

10:19:00 PM

Bukan penjaga hutan mati loh saya
Hutan Mati - Terlintas sejenak jika mendengar hutan mati itu hutan yang angker, seram, gelap dan gersang. Tapi siapa yang sangka ada hutan mati yang cantik dan eksotis di garut. Tepatnya di Gungung Papandayan. Gunung dengan ketinggian 2665 MDPL dan terletak dikabupaten Garut, Jawa Barat.
Batang pepohonan yang mulai mengering dan sudah mati
Ada yang lagi foto prewed gitu, eh kita jadinya pinjem balonnya deh
Hutan mati adalah kawasan hutan lebat yang terkena erupsi letusan gunung Papandayan pada tahun 2002 lalu. Berada disini seperti berada di kawasan yang asing, bukan seperti di Indonesia. Padahal tempat ini di Garut. Di hutan mati, berdiri tegak pohon yang lengkap batang dan dahannya berwarna hitam tapi tak ada daunnya ditambah kombinasi warna tanah yang putih. Jika sehabis hujan, ada genangan air yang menambah eksotisnya tempat ini. apalagi jika turun kabut, Pemandangan alamnya semakin terlihat indah. 

ini jalur menuju hutan mati

Untuk sampai di hutan mati kita hanya membutuhkan waktu 2-3 jam berjalan kaki melewati kawah blerang dan menanjak agak curam. Hutan mati gunung papandayan menjadi tempat terpavorit para pendaki. Banyak pula yang menjadikan hutan mati ini sebagai spot terbaik untuk prewed bagi calon pengantin yang memang hobi mendaki.

Selain menjadi tempat favorit hutan mati punya spot terbaik jika ingin menikmati sunrise (matahari terbit) makannya tidak heran ribuan pendaki menyerbu gunung papandayan. Awal april kemarin saja terbukti lebih dari 3.000 pendaki mengunjungi gunung papandayan.

Di hutan mati ini tidak di perbolehkan untuk ngecamp atau mendirikan tenda, karena terlalu berbahaya. Sebaiknya jika ingin mendirikan tenda di pondok salada saja. Lokasinya yang luas seperti tanah lapang dan lebih aman karena jauh dari kawah blerang. Selain itu di pondok salada lebih dekat dengan sumber air, Dan tersedia pula fasilitas seperti toilet dan mushola. 


Mengabadikan momen
Saya yang sudah sering datang ke sinipun tidak pernah bosan untuk mampir foto-foto di hutan mati atau sekedar melihat indahnya alam ini. Selain indah Hutan Mati ini pun lebih terasa kesan romantisnya jika kita kesini bersama pacar. Saya pun sudah sering ke sini bersama pacar saya. Di hutan mati ini pun kita bisa merasakan suasana tenang. 

Dari hutan mati ini saya belajar, Hutan yang sudah mati saja tetap memberikan keindahannnya. kenapa kita yang masih hidup tidak mencoba belajar dari hutan mati ini. 

You Might Also Like

3 komentar

  1. Cikurai & papandayan lbh manap mana untuk ngecamp?? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih asik papandayan kak kalo menurut aku.. cikuray jalurnya terlalu curam dan tempat camp nya sempit 😀

      Delete
  2. artikelnya bagus, ijin share https://ksmtour.com ya, terima kasih

    ReplyDelete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers