Jalan jalan seru satu hari (Pulau kelor, Cipir, Onrus)

8:33:00 PM

Sesuai namannya jalan-jalan seru satu hari. Lumayan buat ngerifres otak. Ya meskipun saya itu sudah sering ke 3 pulau ini, tapi banyak sekali perubahannya loh. Apalagi jika kita pergi bersama orang-orang yang berbeda, pasti akan ada cerita lain yang berbeda. Wisata 3 pulau ini bisa menjadi Alternatif liburan bagi yang gak punya banyak waktu, dan tidak perlu jauh-jauh dari Jakarta.

TEman baru dan cerita baru, semoga kita bisa berjumpa di lain kesempatan 
Nama program ODT atau One Day Trip ini terhitung cukup ekonomis bagi saya.  Seperti postingan saya sebelumnya di Pulau kelor, pulau yang menyimpan sejarah masa lalu 3 pulau sejarah ini memang ramai pengunjung di kala weekend, banyak juga yang menyebutnya pulau yang penuh dengan mistis. Tapi saya tidak mempedulikan hal itu.

Kebanyakan para trip operator menawarkan wisata tiga pulau (pulau kelor, onrus, cipir) dengan harga yang berpariatif. Nah pintar pintar kita memilih trip operator deh. jangan pilih yang harganya murah saja loh, tapi pililah trip operator yang harganya terjangkau tapi pelayanannya memukau. aiss so banget yak gue. hahha 
Mau tau betapa eksotisnya 3 pulau ini. Dan Ini dia foto-foto cantiknya 3 pulau yang bersejarah ini. 

Perahu nelayan yang bersandar di pinggir pulau kelor
Sisi lain pulau kelor, airnya bening yaa
Dermaga pulau kelor, panasnya gak nyantai banget 
Hai ini teman-teman baru ku loh, lagi asik ngadem di dermaga
Pemecah ombak disekeliling pulau kelor bagian belakang
Pulau kelor - Pulau pertama yang saya singgahi, di pulau ini terdapat sebuah benteng yang masih berdiri tegak sejak zaman portugis pada abad ke 17. Jaraknya ke Pantai Ancol sekitar 1,8 kilometer atau satu jam pelayaran dengan kapal motor. Di pulau ini terdapat peninggalan Belanda berupa galangan kapal dan benteng yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke 17. Di sini juga terdapat kuburan Kapal Tujuh atau Sevent Provincien serta awak kapal berbangsa Indonesia yang memberontak dan akhirnya gugur di tangan Belanda. saya mengutipnya dari wikipedia loh.

Benteng Martelo yang masih berdiri gagah di pulau kelor
Bagian dalam benteng martelo
Ini teman-teman baru ku, haaiiii kalian :)
Saat pertama kali saya ke pulau ini hingga sekarang banyak sekali perubahan. Terlebih wisatawan sudah banyak yang melirik pulau kecil ini sejak pernikahan rio dewantoro. Dermaga pulau sudah mulai cantik di bangun oleh pemda setempat, Sudah ada toilet umum semakin banyak pemecah ombak di sepanjang pantai bagian belakang pulau. Siang hari pulau ini terlihat sangat gagah dengan terlihatnya Benteng Martelo. Sayangnya di pulau ini hanya ada 2 pohon besar karena pulau ini sangat kecil. Sehingga ketika siang hari panasnya akan sangat menyengat sekali. Namun jangan khawatir kalian bisa bersantai di saung-saung yang sudah dibangun di pinggir pantainya.

Pulau Onrus - Istirahat sholat dan makan, sebelum melanjutkan untuk keliling pulau ini. Secara bahasa, Onrust berarti yang tak mengenal lelah. Sebab, disinyalir pada abad ke-17 hingga 18, banyak berlabuh kapal-kapal dagang VOC. Sehingga, dari berbagai aktivitas yang selalu ada di pulau tersebut, seakan-akan pulau tersebut memang tak pernah sepi dari kesibukan manusianya.
Secara geografis, Pulau Onrust berada tak jauh dari Pulau kelor dan cipir. sehingga kalian bisa menyinggahi pulau ini sekaligus dalam satu hari.
Selamat datang di pulau onrus
Makam keramat yang ada di pulau onrus
Komplek makam belanda 
Makam Merry gadis belanda yang tewas di pulau ini
Zaman penjajahan, pulau ini populer dengan nama Pulau Kapal. Sebab, ketika itu, pulau ini lazim berfungsi sebagai tempat bersandar banyak kapal Belanda sebelum mereka berlayar menuju Batavia (Jakarta). Di pulau legendaris ini, kita selain bisa menikmati hawa sejuk khas pantai, juga bisa menyaksikan bangunan-bangunan tua warisan zaman kolonial. Ada benteng pertahanan Belanda maupun dermaga yang dibangun sejak zaman dahulu, terlebih sekarang sudah di bangun menara yang bisa kita naiki dan bisa menikmati pemandangan dari atas menara. yang menarik di pulau ini terdapat makam belanda. Salah satu makam yang terkenal yaitu makam Merry, gadis Belanda. yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.
Pulau Cipir - Pulau terakhir yang saya kunjungi dala trip kali ini Di pulau ini terdapat peninggalan sejarah, yaitu sebuah benteng yang dibangun oleh Belanda pada zaman VOC. Disini ada sumber air tawar yang jernih dan bersih. di pulau ini juga terdapat runtuhan-runtuhan bangunan tua. selain pulau onrus di pulau cipir ini juga terdapat menara pandang yang dibangun untuk wisatawan atau para pengunjung jika ingin menikmati pemandangan laut dari ketinggian. di pulau cipir ada bangunan-banguna tua bekas rumah sakit pada zaman belanda. Di belakang pulau kita bisa bermain air dan pasir, jika ingin berenang pun bisa karena di pulau cipir juga terdapat toilet umum. bagi kalian yang hanya ingin bersantai ada saung-saung dipinggir pantainya. 
View dari atas menara di pulau cipir

Panas panas meriah banget ya 
Tujuan terakhir dan bersantai di pulau ini, jadi waktu kunjungan pun agak lama. Anginnya yang sepoy-sepoy bikin gak mau pulang. Ada yang renang dan berkeliling. dipulau ini kami semua berpencar masing-masing menikmati pulau cipir dengan cara masing-masing. Banyak hal yang bisa kita lalukan. Liburan gak harus mahal dan jauh loh.

You Might Also Like

5 komentar

  1. terima kasih infonya gan.....
    infonya sangat bermamfaat dan enak dibaca......
    salam kenal dan salam sukses....
    mantap...

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal ayu,
      terimaksih , semoga bermanfaat ya ,dan sekaligus bisa mampir ke 3 pulau ini

      Delete
  2. kapan2 pingin ah mapir kesana ,ngeliat ceritanya mba jadi iri
    rutenya bagus

    Paket Wisata Lombok
    Mutiara Lombok

    ReplyDelete
  3. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl wholesale Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

    ReplyDelete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers