Saung Angklung Mang Udjo

1:49:00 PM

Menghabiskan weekend di bandung. Setelah bermalam di kampung Cai ranca upas paginya saya yang sebenarnya pengen banget ke bukit moko tapi belum kesampean.

Perjalanan kami pun berlanjut ke Saung Mang Udjo. Rencananya mau makan siang sekaligus mau lihat pertunjukan angklung yang di mainkan oleh anak-anak.

Selamat datang di Saung Angklung Udjo

Bandung memang kota dengan penuh kreatifitas dan keseniannya ini menyimpan tempat yang penuh dengan budaya kesenian alat musik Nasional. Nah di Saung Mang Udjo ini kita bisa melihat Cara pembuatan sampai penggunaan angklung yang merupakan warisan budaya Nasional.

Anak-anak menunjukan aksi mereka bermain angklung
Saung Mang Udjo ini berada di Bandung timur, tepatnya berada di Jalan Padasuka no 118, untuk menuju tempat ini pun sangat mudah karena melewati jalan utama. Kebetulan saya menggunakan motor. Jalannya pun tidak begitu sulit. Kalau kita dari flyover pasupati sampai ke jalan Surapati arahkan kesebelah kiri kita sudah berada di jalan Padasuka. Dengan papan penunjuk yang besar menuju Saung Mang Udjo kita tidak akan tersasar menuju tempat ini. Nah jika kita naik angkutan umum, silahkan naik angkot dengan jurusan Cicaheum, cukup katakan pada supir angkot bahwa kita  ingin turun di Saung Mang Udjo, karena tempat tersebut kurang lebih hanya 500 meter sebelum angkot mencapai terminal Cicaheum.


Begitu sampai di areal Saung Mang Udjo, kita akan melihat pelataran parkir yang luas dikelilingi oleh pohon-pohon bambu. Langsung saja menuju lobi untuk membeli tiket masuk seharga 60.000 rupiah pada hari biasa dan 75.000 pada hari Sabtu dan Minggu. Harga tersebut sudah termasuk welcome drink, dan menonton pertunjukkan selama 2 jam. Pertunjukkan diadakan setiap harinya pada pukul 9.00 dan pukul 15.30. Sebelum masuk ke aula pertunjukkan, kita bisa berjalan-jalan di sekeliling Saung Mang Udjo untuk melihat kerajinan dan cinderamata yang ada disini. Disini juga kita bisa melihat kekayaan budaya Sunda yang eksotis, juga ada pemandu yang siap memuaskan rasa ingin tahu kita tentang budaya Sunda, alat musik angklung ataupun tentang pertunjukkan yang akan dilihat.

Tempat menjual aneka souvenir

Beberapa pertunjukkan yang sering dipentaskan di Saung Mang Udjo adalah demonstrasi Wayang Golek. Lama pertunjukkan ini sekitar 10- 15 menit, biasanya pertunjukkan ini bercerita tentang kisah rakyat yang dibumbui dengan humor khas urang Bandung. Pertunjukkan yang sederhana namun dapat membuat kita tertawa oleh dialog kocak sang dalang. Pertunjukkan lainnya adalah Helaran, Helaran ini adalah ritual dalam melangsungkan syukuran misalnya untuk anak yang baru di khitan/sunat.

Selain wisatawan lokal Saung Mang Udjo ini juga sering kedatangan turis mancanegara. Tempat ini pun kerap kali di jadikan pusat penelitian angklung.

Souvenir gantungan kunci, harganya terjangkau 10.000/pcs
Jangan lupa yaa untuk membeli cinderamata khas di Saung Mang Udjo.
Tempat ini pun bisa menjadi rekomendasi untuk keluarga anda jika ingin berlibur ke Bandung

You Might Also Like

1 komentar

  1. Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I've really enjoyed browsing your blog posts.
    After all I'll be subscribing to your feed and I
    hope you write again soon!

    Review my web page; harga pasir silica aquarium

    ReplyDelete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers