Serunya Backpacker ke Lombok (Lombok Part 1)

12:12:00 AM

Travelling does not have to spend a lot of money!!
Kata yang paling sering terucap ketika kebanyakan orang selalu bilang travelling itu butuh uang, ya memang butuh uang tapi gak harus banyak kan?

Saya sudah membuktikan bahwa traveling gak melulu ngabisin uang banyak. Traveling dengan cara backpacker dan dengan bekal uang seadanya bisa menjadi pilihan utama jika kalian ingin traveling tapi gak ngehabisin uang. Bermodal tiket promo dan uang saku Rp 1.500.000 (untuk ber5 dan 3 hari di lombok) saya dan empat teman saya (oding, ave, ari, chairul) berangkat menuju Lombok melalui Surabaya.

Lombok dengan sejuta Keramahan didalamnya
Tiket kereta api Jakarta-Surabaya dan kami lanjut dengan rute pesawat dari Surabaya-Lombok. Rute yang cukup panjang. Satu hari di Surabaya dan tiga hari di Lombok. Tidak mau waktu yang singkat ini terbuang sia-sia. Sampainya di Lombok langsung mencari rent sepeda motor di daerah senggigi. Tiga motor yang kami sewa. 

Untuk menuju Senggigi gampangnya kalau dari bandara sih langsung naik damri saja harganya Rp 35.000/orang. Untuk sampai di Senggigi dibutuhkan waktu 1-2 jam.

Hari pertama kami habiskan di wilayah Lombok Utara (senggigi, bukit malimbu, dan deretan pantai sampai di pelabuhan bangsal, dan lanjut menyebrang ke Gili Trawangan). Untuk menyebrang ke Gili Trawangan dari pelabuhan bangsal itu tarifnya Rp 15.000/orang naik kapal kayu yah, murahkan? 
Nah tapi jangan sampai ketinggalan kapal untuk menyebrang karena kalau ketinggalan dan kita sudah membeli tiket, tiket akan hangus dan kita wajib membeli lagi! Pengalaman banget.

Hari kedua yang sudah habis separuh hari kami di Gili Trawangan. Malam pertama kami nenda di Gili Trawangan. Karena kami memang tidak membawa uang banyak untuk menyewa penginapan. Lagi pula bagi kami tidur di tenda itu lebih nyaman. Dan gak ada tandingannya!

Bukit Malimbu Lombok Utara
Kapal yang di sediakan di pelabuhan bangsal untuk menyebrang ke beberapa Gili 
Selamat datang di Gili Trawangan
Di Gili Trawangan sama sekali tidak ada kendaraan, yang terlihat Hanya delman dan sepeda
Hari kedua di Lombok kami langsung Menuju ke daerah Lombok Selatan.
Oh no! dari Utara ke Selatan...
Perjalanan yang cukup melelahkan dengan jarak tempuh kira-kira tiga jam. karena kami sempat tersasar dan mampir untuk mencicipi makanan khas Lombok (pelecing Kangkung). 

Pelecing Kangkung, kuliner khas Lombok yang wajib banget di coba, harganya murah cuma Rp 8.000 per porsi loh, rasanya seger banget.
Wilayah pantai bagian selatan yang pertama kami kunjungi yaitu pantai Kuta Lombok.
Pantai Kuta Lombok dengan tekstur pasir yang kasar seperti kemiri kalau dilihat sepintas, ini menjadi daya tarik bagi wisatawan, pemandangan sekeliling dengan air laut yang berwarna biru dan pemandangan bukit, menambah keindahan pantai Kuta Lombok. Pantai yang masih sepi ini tapi tidak menjanjikan ketenangan. Kenapa?? Ya Karena kebanyakan pedagang di pantai ini sangat memaksa wisatawan untuk membeli barang dagangan mereka.

Panorama Pantai Kuta Lombok.
Pantai kedua yaitu Pantai Tanjung Aan
Pantai dengan pasir putih yang halus dan bukit yang menjorok kelaut menjadi ciri khas pantai ini. Kita bisa bersantai dan melihat pemandangan dari atas bukit yang tidak terlalu tinggi.

Abaikan kaki dan sendal jepitnya
Usaha Buat handstan tapi tetep ajah gak bisa
Pantai ketiga di hari kedua kami di Lombok yaitu Pantai Batu Payung.
Untuk menuju pantai Batu Payung kita harus berjalan menyisiri bibir pantai, kalau air tidak sedang pasang. Namun jika air pasang kita harus naik turun bukit untuk mencapai pantai Batu Payung ini. 
Langit sudah mulai gelap ketika kami kembali dari Batu Payung dan mengharuskan kami bermalam di Desa terdekat. Kata penjaga pantai kalau malam daerah ini sangat rawan untuk dilalui dengan sepeda motor. Kebetulan kami bertemu dengan Bapak yang baik hati mengijinkan kami bermalam di rumahnya. Menghabiskan waktu dengan bermain bersama anak-anak desa tersebut.

Pantai batu payung yang ditempuh dengan berjalan menyusuri bibir pantai
Paginya kami langsung menuju bukit yang ada di samping desa tempat kami bermalam. Menikmati keindahan sinar matahari pagi dari atas bukit bersama anak-anak desa yang semangat sekali mengantarkan kita ke atas bukit.

menuju bukit dan balapan lari dengan anak anak lokal
Harus banget ada foto macam kaya gini di setiap spotnya
Hai kaliann semangat terus ya sekolahnya
Kami tidak bisa berlama-lama karena siangnya saya dan chairul harus segera kebandara dan kembali ke Jakarta. Tidak menghabiskan waktu banyak kami segera berpamitan. Bapak yang baik hati kami pun tak tega meninggalkannya begitu saja. Tapi kita harus segera pergi dan langsung menuju pantai mawun. Untuk sampai ke pantai mawun butuh waktu kurang lebih 20 menit dari pantai Kuta Lombok ke arah barat. Sepanjang perjalanan ke pantai Mawun kita akan di suguhi pemandangan alam yang luar biasa indah. Kami harus naik turun bukit menggunakan speda motor yang kami sewa. Panas terik pun gak ngehalangin langkah kami.

Yoga di Mawun Beach, ya walaupun panasnya gag nyantai
Selfie itu wajib loh. tempat seindah ini sayang baget sih kalo cuma dinikmati sendiri
ke pantai kali ini sama sekali gak ngebur atau renang, gak tau lebih asik nikmatin sambil santai di pinggir pantai
Pantainya bikin gak mau pulang!
Lombok emang juara banget pantainya
Bermain-main di Pantai Mawun.
Pantai yang masih bersih dan sepi ini memiliki pemandangan yang menyejukan mata. Lama bermain di pantai dan rasanya gak mau pulang. Setelah bermain di pantai mawun kami langsung menuju Desa Sade untuk belanja oleh-oleh khas lombok. Perjalanan kali ini butuh waktu kurang lebih 30 menit dari pantai Mawun. Perjalanan pulang itu memang terasa lebih cepat di bandingkan pas berangkat. Entah kenapa!

Ayo kita belanja oleh-oleh
Kain tenun aseli buatan desa sasak sade, di desa ini semua di buat secara alami
Uang kami pun tiba tiba habis dan berganti dengan barang-barang Desa Sade alias oleh-oleh. 

Tips kalau belanja di Desa Sade kita harus banget punya jiwa yang jago nawar! Karena harga yang di tawarkan terlalu tinggi. Misalnya saya beli kain tenun besar itu di tawarkan Rp 200.000 tapi saya berhasil nawar hingga Rp 80.000 loh. Sadis sih tapi gimana lagi yaa .

Tepat jam 11.30 WIT kami melanjutan perjalanan menuju bandara untuk kembali ke Jakarta. Kebetulan kami berlima (indah, chairul, ari, ave, oding) dan yang harus kembali ke Jakarta hanya saya dan chairul saja sementara ari, ave ,oding mereka masih ingin menjelajah lombok. 
Kami Berpisah dibandara, Liburan singkat yang sangat menyenangkan dan melelahkan. Bahagianya bisa liburan bareng kalian. Pokoknya lain waktu kita harus ke Sumba! ok.

Estimasi dan perkiraan biaya yang dikeluarkan Untuk Backpacker ke Lombok.
  • Tiket Pesawat Surabaya - Jakarta Promo 99.000/orang (hanya satu kali jalan bukan pulang pergi dan belum termasuk pajak & tax).
  • Tiket kereta api Jakarta - Surabaya 120.000/orang.
  • Rent Sepeda motor 50.000/motor untuk satu hari, banyak di daerah senggigi harganya pun bervariasi. cari yang termurah.
  • Tiket menyebrang dari pelabuhan Bangsal ke Gili trawangan 15.000/orang untuk satu kali jalan.
  • Tiket Parkir disetiap pantai di lombok 5.000/motor.
  • Untuk makan disesuikan dengan lokasi dan tempat makan, biasanya kami menghabiskan 10.000-15.000 untuk satu kali makan.
  • Untuk penginapan usahain kita menginap di rumah warga. Kan bisa gratis cukup kasih uang serelanya ke pemilik rumahnya saja.
  • Kebutuhan Pribadi disesuaikan.

Semoga Bermanfaat.
Jika ingin bertanya bisa langsung ke twitter @indahFwt

You Might Also Like

78 komentar

  1. Replies
    1. makasih ka, aku sih ngirit ini namanya :)
      salam kenal

      Delete
  2. Seru ndah tulisannya, mudah dibacanya, kebetulan gw pengen backpacking ke Lombok nih sendirian Mei nanti...
    nanti gw tanya-tanya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih om :) ..hehhe seru bgd di lombok tuh enak buat naik motor .. serius ka mau backpack sendirian?

      Delete
  3. mantabz mbabro....boleh tanya2 donk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kak tanya ajah ..mau tanya apa ? :) selagi aku bisa jawab akan aku jawab kok 😁

      Delete
  4. kereeeennn..kalau dari pantai tanjung aan trus ke batu payung ke mawun naik apa ya?
    pengen kesana nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin sih kita naik motor kak..jd bisa sekalian.. lagian satu kawasan kok 😀

      Delete
  5. Replies
    1. air asia, waktu pembukaan rute pertama sub-lop kak

      Delete
  6. mau nanya kak, disana penyewaan motor banyak ? maklum belum pernah kelombok hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak ko kak, apalagi di daerah senggigi. berjajar di sepanjang jalan...

      Delete
  7. mau tanya kak :)
    kalo sewa motor itu udah bisa buat keliling lombok ya? terus rute/map nya cari di gugel atau gimana ya? takutnya nyasar krn nyetir sendiri hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tanya ajah kak..
      sewa motor di lombok bisa kita bawa kemana ajah kok, kan sewanya per hari kak.
      kmarin aku pake google maps

      Delete
  8. kak, mau nanya nih, kalo berangkatnya kakak kn naik pesawat, pulang naik kereta api? :O
    o iya, minta sarannya buat penginapan yg murah di lombok dimana? soalnya gk punya tenda kayak kakak, mau numpang juga agak sungkan.. hehe :p (rencana mau solo backpack) makasih sebelumnya and nice post!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak ,,
      Aku brangkat naik kreta pulangnya baru naik pesawat,, kalo penginapan murah sih cari yg biasa kak ..soalnya aku juga malah nginep di rumah kepala desa di sana ..

      Delete
  9. Replies
    1. makasih kak putri ..wahh mau tanya apa? boleh kak.. aku pasti jawab selama aku bisa jawab 😄😄

      Delete
  10. waaaah jadi makin pengen ksana september nantiii
    nanti boleh tanya2 ya ndaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh seru bgd mau kesanaa..

      siap kak brian tanya tanya boleh bgd kak.. jgn sunkan ya

      Delete
  11. Salam rimba...mau nanya waktu camp d gili apa harus ijin dulu...soalnya akhir bulan ini mau ngembel ke sono...thkz sebelum nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya harus izin terlebih dahulu kak. tapi kebumetulan dpt kenalan di sana jd kami di izinin nenda di pinggir pantai sebelah kafenya 😄

      Delete
  12. Salam ngembel hehehe..mau nanya aja waktu nenda d gili laporan dulu g ya?akhir bulan ini mau ngembel soalnya...makasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  13. Keren ya tulisannya... jadi semakin ingin menjelajah lombok ala backpacker :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh makasih banyak kak. aku masih berantakan nulisnya 😄

      ayo ke lombok kaka seru tau.. pantainya bagus2 di sana

      Delete
  14. Kak indah ol terus kah? Kalo kalo ksna saya mau tanya2 hehehe masih awam kak...
    Apa ada bbm mungkin...
    rencana ksna sama abang bulan september

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh contak ke email aku kak ..nnti aku kirim pin bb nya

      Delete
  15. kak mau tanya cara nginap di rumah warga gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak nurul ..kemarin kita waktu ke lombok kebetulan ditawarin sama kepala desannya .mungkin kaka bisa menawarkan diri untuk menginap ..karena kemalaman atau tidak ada penginapan terdekat .

      Delete
  16. Hello indah, aku dari Malaysia akan ke Lombok...soon! Mau tanya kamu ke sini pada tanggal bila, bulan berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak azirah, salam kenal.
      Aku kemarin ke lombok bulan februari kak.

      Delete
  17. Kak ada id line nggak pengen tanya tanya nih

    ReplyDelete
  18. lombok itu luar biasa banget tempat2 wisatanya,,
    indah dan menjadi surga dunia bagi para penikmat wisata,,
    harus bin wajib tu jalan2 ke sana,,
    banyak makanan khasnya seperti pelecing kangkung, sate bulayak, ayam taliwang dan banyak lagi mkanan khasnya,,
    rekomended banget deh,,
    salam kenal dari orang lombok :)

    ReplyDelete
  19. Emang recoment bgd deh lombok mau kesana lagiiiiii ..
    Salam kenal kak dari jakarta

    ReplyDelete
  20. ada lagu yg pas sekali untuk tulisan ini.. judulnya : lombok i love you
    #song #reggae #amtenar

    makasih untuk tulisannya ini ya kakak

    ReplyDelete
  21. kak boleh minta pin bbm ya kah?
    mau tanya seputar lombok, kebetulan ada rencana bulan nov mau trip ke lombok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo denny ..bisa hub melalui twitter ya ..makasih

      Delete
  22. Assalamualaikum.
    Hy indah. Mau tnya2 dong.
    Ada contact bb nya?

    ReplyDelete
  23. assalamualaikum,
    mau tanya januari pas gak buat trip ke lombok.. aku udah cari, tapi tidak ketemu apa ramai gak manusia waktu itu??

    ReplyDelete
  24. menikmati alam nan indah di Lombok...
    Lombok mantabs...

    ReplyDelete
  25. Thanks for sharing,
    Lumayan ada referensi buat solo backpacker ke Lombok hehe

    ReplyDelete
  26. Thanks for sharing,
    Lumayan buat referensi buat solo backpacker ke Lombok,
    Salam ngegembel 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kak catatrina.. semoga sharingnya bermanfaat buat yg baca :)

      Delete
  27. mantap...makasih buat referensinya :)
    karna keindahan tidak hanya dinikmati dari segala kemewahan ;)

    ReplyDelete
  28. keren banget kak... thanks yah bwt referensi backpackernya :) rencna mau backpacker jga sih... Foto2nya bkn envy jadi pengen cepat ke lombok

    ReplyDelete
  29. halo kawan semua .....

    ingin berbagi info aja kawan yang ingin liburan ke lombok bersama temen2 dan keluarga bisa saya bantu.karna ada paket liburan lombok yang murah dan pastinya seru

    hub :Rizky surya
    phone office:021-292302777
    phone/WA: 08998549444
    www.novustourindo.com

    ReplyDelete
  30. Hallo.salam kenal.mau tanya :
    1.mei besok mau ngebolang ke lombok.mungkin gak si seharian dari pagi sampe sore kita ngunjungin pantai tanjung aan,mawun,kuta,seger,merese,trus langsung balik ke mataram?
    2. Bisa gak ya ke gili gili tapi pp tanpa bermalam di gili?
    Share estimate waktu ya.makasih kak.

    ReplyDelete
  31. Hai Indah :)
    Keren abis trip ke lomboknya, oh ya mau nanya dong.
    Waktu di Gili bisa nenda 24 jam gitu atau gimana, terus izinnya kemana ?

    ReplyDelete
  32. Hai Indah :)
    Keren abis trip ke lomboknya, oh ya mau nanya dong.
    Waktu di Gili bisa nenda 24 jam gitu atau gimana, terus izinnya kemana ?

    ReplyDelete
  33. hey indah..

    kira2 aman gak buat travelling sendirian (cw) disana? info ASAP ya, soalnya mau kesana akhir mei ini..
    tenkyu..

    ReplyDelete
  34. kerennn.. minggu depan mau ke lombok nih hahahaahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pasti seru banget ya mas priyo .. semoga liburan ke lomboknya menyenangkan ..

      Delete
    2. Mas priyo berangkat tgl brp nih,akunya berangkat tgl 9 agustus,kalo mau bareng boleh aku sendiri backpackeran.

      Delete
    3. Mas priyo berangkat tgl brp nih,akunya berangkat tgl 9 agustus,kalo mau bareng boleh aku sendiri backpackeran.

      Delete
  35. Mba kalo udah disana mau nanjak ke rinjani ribet ga? *Maklum belum tau apa apa soal lombok

    ReplyDelete
  36. Rencana saya mau solo backpacker pertengan sept ini. Mgkin ada teman yg mau joint. Ayookk cuss. Sampai ketemu d lombok. Bisa nambah teman. Buat indah thanks sharing perjalanan nya. Inspired ����

    ReplyDelete
  37. Lombok emang juara yaa! aku paling suka ke sade sama mawun.. hehe. sayang pas ke mawun langit lagi muram

    ReplyDelete
    Replies
    1. juara bnaget ,, mawun salah satu pantai dengan view juara juga ya kak .. apalagi kalau lagi terik vienya bikin betah

      Delete
  38. Kak indah, dari bandara internasional praya lombok ke puri senggigi bisa naik damri ya? berapa harga tiketnya? dan turun langsung ke depan puri senggigi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup bener harganya 35.000 kak perorang waktu syaa kesana ..

      Delete
  39. Kak mau tanya, kamu nyewa motornya sekali aja disenggigi buat muter dilombok itu?

    ReplyDelete
  40. Udh berkali" baca ini. Tp ttp blm kesampean jg mau ke lombok.

    ReplyDelete
  41. Halo Mba Indah, thanks for sharing.
    btw, mau tanya waktu nge camp itu dimana mba tempatnya ? lagi cari" info soalnya nih tempat tau pantai yg bisa camp di lombok hehehe
    Makasi Mba Indah :)

    ReplyDelete
  42. Hi, I don't ride motorcycles and I don't drive cars. Do you think it is possible to explore Lombok by walking/bike/public transport? Thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. enaknya si sewa motor atau mobil. karena kita lebih bisa explore tiap tiap detail bagian lombok. tenang.. disana gak ada macet kok. jalanan juga mulus. tapi kalau sudah malam lebih baik bermalam dan mendekat ke pemukiman. karena by pass bandara - mataram, atau bandara menuju pantai2 jalanan relatif sepi. main aman aja si.

      Delete
  43. dan artikel mba indah ini sudah berhasil menginspirasi saya untuk explore lombok 4 hari 3 malam mei lalu. saya jalan sendiri tanpa guide atau kenalan disana. saya ngecamp 1 malam di sembalun dan sisanya cari penginapan di mataram. dan benar adanya ... pantai lombok itu keren!!!!

    ReplyDelete
  44. Sekedar saran kalau mau ke Bulan Februari, ada acara bau nyali yang ada hanya setahun sekali, yg merupakan legenda Putri mandalika

    ReplyDelete
  45. Sekedar saran kalau mau ke Bulan Februari, ada acara bau nyali yang ada hanya setahun sekali, yg merupakan legenda Putri mandalika

    ReplyDelete
  46. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl wholesale Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

    ReplyDelete
  47. Catatan perjalanannya bagus banget, apalagi foto2nya keren. Terima kasih dah berkunjung ke Lombok.
    Silahkan Bapak dan Ibu yang berencana berkunjung ke Lombok, bisa menggunakan jasa kami. Kami sediakan paket murah tour Lombok. Silakan tanya-tanya via:

    WhatsApp: +62-878-6000-1036
    Mobile: +62-813-5307-9161
    Email: info.lombokfun@gmail.com
    Web: www.lombokfuntravel.com

    LOMBOK FUN TRAVEL INC.
    Profesional & Terpercaya

    ReplyDelete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers