Teknik packing ransel (carrier)

9:03:00 PM

Persiapkan barang-barang yang akan kita packing
Teknik packing ransel (carrier) saat mendaki gunung maupun kegiatan out bond sangat diperlukan sehingga barang-barang yang kita bawa dapat kita bawa dengan ringkas, efisien, rapi.

Packing merupakan cara atau teknik menyusun perlengkapan dalam ransel (carrier). Dengan packing
yang baik ransel akan mampu memuat peralatan dengan efisien namun tetap terasa nyaman dikenakan saat perjalanan. Teknik packing yang benar membuat ransel (carrier) muat banyak tapi tidak memberatkan Oleh para penggiat kegiatan alam bebas (pecinta alam) packing telah dianggap sebagai salah satu ‘seni’ tersendiri. ada beberapa cara packing yang menurut saya bisa membantu kita.


1. Baiknya Gunakan trash bag untuk melapisi barang bawaan.

Nah ketika kita sedang berada di gunung hujan bisa saja datang sewaktu-waktu. Untuk itu barang-barang yang kita dibawa harus terlindungi dari air hujan. Gak kebayang kan di gunung sudah dingin ditambah barang bawaan yang kita bawa semuanya basah. Tas carrier sebenarnya sebagaian sudah dilengkapi dengan cover bag, akan tetapi jika intensitas hujan terlalu tinggi bisa saja air hujan tembus. Untuk itu lapisilah barang-barang yang kita bawa dengan menggunakan trash bag.

2. Lalu Gunakanlah Matras Sebagai Frame.

Sebagian pendaki ada yang meletakan matras dibagian luar tas. Namun alangkah baiknya meletakan matras tersebut melingkar didalam tas carrier menurut saya. Karena selain memudahkan dalam packing, tas carrier akan terlihat lebih rapi loh.

3. Urutkan barang sesuai waktu penggunaanya.

Barang-barang yang akan segera dipakai letakkan dibagian atas saat packing. Dan sebaliknya, barang yang kemungkinan dipakai belakangan dibagian bawah. Agar tidak perlu kita bongkar packingan yang sudah kita rapihkan.

4. Perhatikan Jangan Ada Ruang Kosong.

Mengingat banyaknya barang-barang yang harus dibawa dan terbatasnya tempat didalam tas, maka jangan ada kosong didalam tas. Benda-benda yang sifatnya mempunyai ruang isilah dengan benda lain. Sebagai contoh misalnya anda membawa nesting, maka isilah nesting tersebut dengan benda lain seperti mie, roti atau barang lainya.

5. Perhatikan juga kesimbangan tas.

Cara untuk mengetes tas carrier seimbang atau tidak sebenarnya cukup mudah. Tas harus bisa berdiri tanpa di pegang, kemudian berilah sedikit pukulan pada bagian atas tas, jika ternyata tas roboh lakukanlah packing ulang sampai tas tetap berdiri tegak meskipun diberi pukulan.

6. Lindungi benda mudah pecah.

Benda mudah pecah seperti telur sebaiknya dimasukkan ke dalam wadah yang kuat.

7. Hindari menggantung benda di luar ransel.

Matras ataupun benda lainnya sebaiknya jangan diletakkan di luar ransel. Menggantungkan benda di luar ransel selain kurang rapi juga beresiko tersangkut semak atau sejenisnya sehingga akan mengganggu perjalanan

Nah itu tadilah cara mempacking barang-barang kedalam tas carrier ketika akan mendaki gunung. Dengan melakukan packing secara benar, maka tentu akan memudahkan anda dalam perjalanan. Selain itu juga mengurangi resiko untuk kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

semoga bermanfaat.


You Might Also Like

0 komentar

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers