Gunung Cikuray dengan sejuta pesona keindahan alamnya

6:21:00 PM

Jalan menuju Pos pemancar
Gunung Cikuray adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung Cikurai mempunyai ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung.
Untuk mencapai Cikuray biasanya para pendaki naik kendaraan umum dari Bandung atau dari Tasikmalaya menuju terminal Guntur. Dari sana diteruskan dengan angkutan kota menuju jalur pendakian, (Cikajang, Bayongbong atau Dayeuh Manggung). Ketiga jalur tersebut menawarkan medan yang sangat menarik dengan karakteristik masing-masing. Jalur bayongbong adalah jalur yang paling terjal, tetapi dapat cepat sampai di puncak.

Untuk mencapai puncak Cikuray, umumnya para pendaki mengawali perjalanannya melalui desa Dayeuh Manggung kecamatan Cilawu, Garut. Dibanding dengan jalur Bayongbong atau Cikajang, jalur ini relatif lebih mudah untuk didaki menuju puncak. Dari terminal bus Guntur, Garut, dapat dilanjutkan dengan menggunakan angkot bernomor 06 yang memiliki trayek Garut-Cilawu dengan tarif sekitar Rp. 8.000,-. Lalu turun di Patrol dan kemudian lanjut menuju perkebunan teh Dayeuh Manggung. Dari Patrol, pendaki dapat menyewa jasa ojek dengan tarif sekitar Rp. 20.000.

Dan sampailah kita di pos pemancar. Pos pemancar ini menjadi tempat para pendaki melakukan registrasi ulang. Untuk lamanya perjalanan pendakian sekitar 6-7 jam perjalanan santai, untuk perjalanan turun tidak membutuhkan waktu panjang. Kurang dari 4 jam perjalanan kita sudah sampai di pos pemancar.

jalan menuju pos pemancar

perkebunan teh
bukit bukit dari jalur pendakian

Sepanjang perjalanan pendakian kita akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Kita akan melewati perkebunan teh, perkebunan kol dan bukit bukit yang terlihat begitu indah.

sampai di pos satu jalur pendakian
vie dari puncak gunung cikuray
city light agak ngeblur sih tapi lumayan
kumpulan awan
view setelah awannya hilang (masih diatas puncak cikuray)
kita ada di atas awan
matahari terbit
Terhampar pemandangan yang indah sekali dari puncak, Gunung Papandayan terlihat jelas dari area ini serta lautan awan yang sangat indah. Selain itu kita juga dapat menikmati pemandangan kota Garut dari ketinggian di area puncak Cikuray. Untuk mendaki gunung Cikuray disarankan pada musim pendakian, khususnya musim kemarau jika ingin menikmati sajian indah di puncak gunung.

foto by abi 

You Might Also Like

10 komentar

  1. Mba izin ngambil gambar yang pertama ( digambarnya ane kasih sumbernya ko ) buat bahan tulisan di blog thansk ya mbaa

    ReplyDelete
  2. wahh kereenn ndah.. yang enak mah naik gunung papandayan yah tidak terlalu terjal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah memang bener kak papandayan jd favorite saya kok .. paling juara deh papandayan mah ...

      Delete
  3. kalo sekitaran bulan mei kira kira pemandangan puncak gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sekitaran bulan mei sih semoga cerah ya kak. Soalnya kalo sekarang cuacanya emng gak nentu..

      Delete
  4. Nice post kak,cuma sekarang gunung ciuray penuh sampah botol plstik kak, gegara banyak pendaki yang gak mau bawa turun sampah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kak rohim.. iyah hampir di semua gunung sekarang banyak sampahnya ..

      Delete
  5. Terima kasih atas informasinya. Semoga sukses selalu.
    http://grosirsponmandi.klikspo.com/

    ReplyDelete
  6. mba, mantap banget ya Cikuray ini. Rencananya akhir bulan Juli mau ke Cikuray mampir buat penutup deretan gunung di Garut hehehe. Mamoir main juga ya ke blog saya di : Pendakian Gunung Papandayan

    ReplyDelete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers