Curug Cigangsa, Sukabumi

12:20:00 PM

Tujuan kita kali ini langsung menuju Curug Cigangsa yang letaknya masih tidak terlalu jauh dari Curug cikaso. Agak susah untuk menemui Curug Cigangsa ini karena tidak banyak papan petunjuk menuju Curug Cigangsa. Kami pun harus sering-sering bertanya kewarga sekitar. Selain itu lokasinya yang tersembunyi menambah keindahan Curug Cigangsa ini.

Curug Cigangsa
Nama lain Curug Cigangsa adalah Curug Luhur. Curug ini terdiri dari tiga tingkat dan diperkirakan terbentuk akibat gempa yang cukup kuat sehingga mengakibatkan longsor. Curug ini memiliki debit air yang kecil, hal ini dikarenakan di bagian hulunya dibendung untuk keperluan irigasi. Keunikan Curug Cigangsa adalah dinding batunya berwarna kehitaman sebagai landasan air mengalir. Disekitar lokasi ini terdapat sebuah batu. Batu ini oleh masyarakat setempat menyebutnya dengan batu Masigit, atau Batu Masjid, barangkali karena bentuknya. Di Curug Cigangsa ini pengunjung dapat menikmati keindahan curug dari dua arah, yaitu dari atas dan bawah.

Nama Gangsa ini diambil dari nama orang Eyang Gangsa.
Selain itu juga tempat ini semasa penjajahan Belanda kerap kali dijadikan tempat persembunyian para pejuang. 


Tebing yang ada di bawah air terjun
Dari samping kita akan melihat pemandangan seperti ini 
We are temanjalan_id Holic



Terletak di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabu, Propinsi Jawa Barat
Berjarak sekitar 110 Km kearah selatan kota Sukabum atau 1 km dari kecamatan Surade. Jika dari Curug Cikaso sekitar hanya 10 km dengan memakan waktu sekitar ± 30 menit dengan berjalan kaki. 
Curug Cigangsa dapat ditempuh melalui pertigaan tugu kota Surade. Untuk sampai ke lokasi, tidak ada tanda arah sama sekali.  Kendaraan berhenti dan diparkir di salah satu rumah warga.  Tiket masuk kecurug cigangsa ini hanya Rp 3.000/ orang loh, dan biaya parkir untuk satu kendaraan bermobil hanya Rp 12.000/kendaraan.
Kita harus berjalan menuruni tebing untuk sampai dibawah air terjun

Selanjutnya ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri pematang sawah menuju lokasi curug dengan waktu tempuh sekitar 10 menit sampai di bagian atas Curug Cigangsa.  Bila ingin menikmati keindahannya dari bawah tebing harus menuruni lereng yang cukup curam dengan kondisi jalan yang licin dan becek.  Waktu yang dibutuhkan untuk turun ke bawah sekitar 20 menit. setelah sampai di bawah Curug Cigangsa seketika itu pula rasa capek pun hilang karena pemandangan alam yang sangat indah dan menyejukan mata. waktu kami tidak banyak langsung saja ketika puas untuk berfoto-foto kami langsung bergegas karena masih ada satu tujuan kami selanjutnya yaitu pantai ujung genteng. 

You Might Also Like

4 komentar

  1. Terima kasih sharingnya.
    Insya Allah, November nanti, saya dan temen-temen komunitas mau main ke Ujung Genteng. Mungkin akan mampir ke sini juga ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama kak irpan ..semoga bermanfaat ya infonya ..
      Selamat berliburrr

      Delete
  2. wah keren nihh ternyata dari abwah lebih kece yah mantap mbak....

    ReplyDelete

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers