Dieng Culture Festival 2014

11:59:00 PM

 
Kali ini kita berkunjung ke dataran tinggi Dieng, dan acara Dieng Culture Festival yang ke-5 di adakan akhir agustus.  Opentrip yang di adakan tim temanjalan_id lebih detail lihat disini Dieng Culture Festival 5 ngebawa saya untuk menyaksikan tradisi budaya warga dieng kulon yang diadakan satu tahun sekali.

Beragam acara budaya yang diadakan warga sekitar. namun bagi saya yang paling menarik seluruh rangkaian acara yaitu ruatan rambut gembel atau sering di sebut dengan rambut gimbal. 
Upacara prosesi pemotongan rambut gembel
Disebut Gembel, karena jenis rambut yang menyerupai gelandangan yang tidak pernah mencuci rambut. Bukan karena faktor keturunan tetapi itu hanya bisa tumbuh alami pada anak-anak Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawatengah.

Secara medis, penyebab Gembel masih belum diketahui secara jelas, namun yang pasti biasanya Rambut Gembel akan muncul dengan disertai panas demam yang tinggi, disertai mengigau pada waktu tidur. Gejala ini tidak bisa diobati sampai akhirnya akan normal dengan sendirinya dan rambut sang anak akan menjadi kusut dan menyatu.

Sehari sebelum diadakan Ritual Ruwatan, terlebih dahulu dilakukan prosesi Napak Tilas yang dipimpin oleh Sesepuh Pemangku Adat serta beberapa tokoh menuju beberapa tempat yaitu; Candi Dwarawati, Komplek Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Bima, Sendang Maerokoco, Telaga Balaikambang, Kawah Sikidang, Komplek Pertapaan Mandalasari (goa-goa di Telaga Warna), Kali Pepek, dan Komplek Pemakaman Dieng. Di tempat-tempat tersebut dilakukan ritual do’a kepada Yang Maha Kuasa agar prosesi Ruwatan Rambut Gembel berlangsung lancar.

Mengutip dari web resmi Dieng Culture Festival. di acara Dieng Culture Festival yang ke 5 ini wilayah dieng kulon di banjiri wisatawan mancanegara lebih dari 5.000 pengunjung. prosesi pemotongan ini di lakukan dengan sakral melalui upacara adat.
yang paling menarik dalam prosesi upacara ini adalah adanya beberapa permintaan dari si anak-anak yang akan di gunting rambutnya.

Ada yang ingin di belikan sepeda berwarna pink, coklat, bahkan ada yang hanya minta didoakan supaya menjadi anak yang solehan dan berbakti sama kedua orang tuanya. Menarik sekali jangan sampai kelewatan acara Dieng Culture Festival yang ke 6 yah...



You Might Also Like

0 komentar

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers