Cantiknya golden sunrise di Gunung Prau!

10:21:00 PM

View Sunrise dari puncak gunung prau
Seperti ditulisan saya sebelumya yaitu tanah tertinggi dieng mt.prau 2565 mdpl kali ini saya akan bercerita sedikit tentang keindahan pemandangan sunrise di gunung prau. Gunung Prau atau Prahu memang pendek, kadang hanya dilirik sebelah mata oleh pendaki Indonesia, tapi coba rasakan sensasi dalam pelukannya, gunung yang terkenal dengan Golden Sunrise ini. Hanya memiliki ketinggian 2.565 mdpl, memang tergolong pendek dan juga tidak terkenal seperti gunung-gunung disekitarnya, ada Sindoro,Sumbing, Slamet, Unggaran, dll. Tapi gunung ini memiliki pesona tersendiri yang tidak kalah dengan gunung-gunung yang lebih terkenal dikalangan pendaki Indonesia.

Bagi pemula gunung Prau ini sangat cocok karena jalurnya yang tidak terlalu panjang, hanya membutuhkan waktu kurang dari 3 jam kita sudah bisa sampai di puncaknya untuk berkemah.
Gunung ini dapat ditempuh melalui beberapa Jalur Alternatif Pendakian. Lewat Jalur utara, bisa melalui Kabupaten Kendal, Semisal dari Desa Kenjuran yang berada di Kecamatan Sukoreja. Jarak tempuh perjalanan kurang lebih 6 Jam. Alternatif lain jalur pendakian bisa dilakukan melalui Jalur selatan, yaitu lewat Dataran Tinggi Dieng atau Desa Patak Banteng. Jalur ini relatif lebih singkat, hanya sekitar 2-3 Jam perjalanan yang jalurnya lumayan terjal.

Menurut saya lebih efektif jika lewat selatan yaitu Desa Patak Banteng, karena jalurnya tidak terlalu panjang dan lumayan singkat akan tetapi lebih terjal dari jalur utara.

Nah Gunung prau wonosobo ini menginggatkan kita tentang arti kata wono dan sobo memang pantas untuk di saba ( di datangi / di kunjungi ) baik untuk kalangan pendaki bahkan bagi para pemula sekalipun. Golden sunrise dieng selain di bukit sikunir dan gunung pakuwaja kini di musim transisi akan menjadi agenda wisata camping di bulan juni.
Hello sindoro dan sumbing
Telaga warna dari atas gunung Prau


Untuk menikmati matahari terbit saat ini dengan pemandangan gunung prau, gunung sindoro, gunung sumbing, gunung unggaran, gunung merbabu, gunung kembang, gunung kelud dan gunung slamet di arah barat. Merasakan dinginnya malam di dalam tenda, Oh iyah perlu diingat jika anda ingin berkunjung ke Gunung Prau jangan lupa siapkan baju hangat ya, karena dinginnya sambai membuat embun menjadi es (Terutama di bulan Agustus).

You Might Also Like

2 komentar

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers