Ke Dieng? Jangan Lupa Beli Carica

10:00:00 PM

Pohon buah carica
Didataran tinggi dieng banyak sekali perkebunan buah carica. Warga sekitar menanamnya dan buahnya diolah menjadi berbagai macam produk atau oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Dieng. Salah satunya dijadikan manisan buah Carica dan juga sirup buah Carica. Kebanyakan warga sekitar memanfaatkan buah ini untuk disayur dan dijadikan lauk.

Buah ini tergolong buah yang unik dan langka. karena di Indonesia hingga saat ini hanya dataran tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah saja yang menghasilkan buah carica. Buah carica mengandung berbagai jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, di antaranya enzim, vitamin, dan mineral.

Buah carica mirip sekali dengan pepaya. Warnanya kehijauan dan setelah matang menjadi kekuningan. Bedanya buah carica tidak bisa dimakan langsung, karena daging buahnya banyak mengandung getah penyebab rasa pahit dan gatal pada tenggorokan. Bahkan bisa melukai kulit.

Orang Dieng menikmati buah carica dengan cara membelahnya menjadi dua, kemudian diambil biji-bijinya untuk dihisap. Biji yang mempunyai cita rasa manis yang khas bisa dimanfaatkan untuk membuat sup atau sirup dengan cara yang cukup sederhana.

Beruntung sekali bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan manisan ini dari awal sampai pengemasannya. Karena musim liburan, produksi manisan carica rumahan ini selalu kewalahan menerima order. Seperti saat saya berkunjung, banyak carica yang masih dalam keadaan panas sudah antri dipesan sebagai oleh-oleh. Dengan harga kisaran 5.000 per cup kecil dan 12.000 untuk cup besar untuk manisan buah Carica. Sedangkan untuk sirupnya harga berkisar dari 20.000 sampai 35.000 setiap dus yang isinya 6 cup kecil.

Buah Carica yang sudah di bersihkan dan dipotong-potong

Manisan Buah Carica yang sudah siap di pasarkan

Penasaran dengan rasanya? Rasanya kenyal, manis, dan segar serta memiliki aroma yang khas dan harum sangat pas dibuat menu buka puasa, apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan dingin. Sayang, saat ini produk olahan carica masih sulit ditemui selain di Wonosobo. Oleh karena itu tidak heran jika produk-produk olahan buah carica selalu diburu wisatawan sebagai buah tangan.

Sebenarnya masih banyak kuliner khas lain di Wonosobo ini, seperti Mie Ongklok, Purwaceng, Tempe Kemul, aneka olahan jamur dan olahan kentang, namun olahan carica tetap menjadi primadona.

You Might Also Like

0 komentar

DIDUKUNG OLEH

Google+ Followers